Tips Cara Agar Batu Bacan Cepat Mengkristal
Cara Mudah Merawat Batu Bacan Yang Sudah Mengkristal

Tips Cara Agar Batu Bacan Cepat Mengkristal

HarianLampung.co.id – Cara Membuat Batu Bacan agar Cepat Mengkristal memang terbilang gampang-gampang susah. Ya dengan kepopulerannya saat ini tentunya banyak sekali permintaan akan batu yang berasal dari Halmahera tersebut bahkan tak jarang juga banyak sekali permintaan dari luar negeri.

Batu Bacan memang bak selebriti bahkan saking terkenalnya para selebritipun turut menggilai batu permata asli dari Indonesia tepatnya di daerah Halmahera, Maluku Utara, Sulawesi. Konon Batu bacan memiliki karisma tersendiri seperti kelebihan serta aura magis yang membuat orang terkagum-kagum.

Bahkan banyak pembeli yang rela merogoh kocek super dalam hanya untuk memiliki sebuah cincin dari batu bacan ataupun bongkahan batu bacan. Tak tanggung-tanggung harga batu bacan saat ini hampir menyamai harga sebuah mobil, bahkan batu cincin bacan milik Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono berharga 3 Milyar lebih.

Nah bagi anda yang tengah mencari batu bacan atau memiliki batu bacan, mungkin anda perlu sedikit memolesnya agar terlihat lebih mengkristal karena tentunya hal tersebut sangat berpengaruh terhadap harga dari batu tersebut, nah untuk lebih jelasnya simak informasi dibawah ini.

Cara Agar Batu Bacan Cepat Mengkristal

Soaking

Langkah pertama untuk membuat batu bacan mengkristal adalah dengan Soaking, ya soaking merupakan proses dimana batu direndam dalam wadah yang berisi air dingin atau hujan dengan catatan air yang tak memiliki kandungan zat kapur.

Hal tersebut berfungsi untuk mengangkat zat yang terdapat di dalam batu tersebut agar terangkat dan menjadikan batu nampak cerah dari dalam, namun proses ini membutuhkan waktu 24 jam (sehari semalam).

Drying

Drying adalah proses pengeringan. Caranya angkat dari dalam rendaman untuk selanjutnya dilap dengan kain/bahan lembut sambil diangin-anginkan agar batu mongering secara alami dalam suhu normal (jangan dijemur) proses ini memakan waktu selama 2 hari.

Heating

Proses pemanasan dengan suhu 70-80 derajat Celcius. Namun sebaiknya ambil langkah aman dengan menjemur pada terik matahari mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB. Proses ini akan mengubah warna batu yang semua gelap, hitam ata coklat akan terlihat mulai berubah menjadi hijau atau biru dan mulai merata dan terlihat agak jernih.

Waktu proses pemanasan bisa memakan waktu beberapa hari tergantung berubahan yang terlihat sampai batu berwarna merata. Namun, hal yang perlu diingat saat melakukan penjemuran pastikan batu tidak mengandung air lagi didalamnya setelah melakukan proses perendaman dan pengeringan yang telah dilakukan sebelumnya.

Cooling

Proses pendinginan batu. Setelah dilakukan pemanasan atau penjemuran, jika batu sudah terlihat mulai jernih dengan warna merata maka langkah terakhir adalah pendinginan (cooling) dengan cara merendam pada air hujan atau bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kayu putih. Setelah proses ini batu bacan akan terlihat mengkilap dan mengkistal.

Langkah 1 sampai 4 bisa dilakukan secara berulang untuk memastikan batu bacan cepat kristal, jika masih ada bercak atau warna yang terlihat belum merata. Tapi sebaiknya lakukan secara berhati-hati untuk memastikan tidak terjadi kesalahan. Untuk lebih meyakinkan anda bisa bertanaya langsung di toko-toko penjual batu permata atau pada orang-orang yang memiliki banyak pengalaman. Semakin banyak pengetahuan tentu akan semakin baik.

Kepopuleran Batu Bacan memang tak dapat dipungkiri telah merasuki ke seluruh negeri ini, tak hanya kalangan atas bahkan kalangan bawahpun turut berebut berburu batu tersebut. Namun tak banyak juga beredar batu bacan yang imitasi ataupun paslu, nah bagi anda yang ingin tau cara membedakannya simak artikel sebelumnya disini.

sumber: www.akiks.com

Baca Artikel Lainnya: Jenis Batu Akik Termahal


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *