Tips Cara Ganti Pelek dan Ban Mobil
Tips Cara Ganti Pelek dan Ban Mobil

Tips Cara Ganti Pelek dan Ban Mobil

HarianLampung.co.id – Cara Aman Ganti Pelek dan Ban Mobil dengan Benar. Salah satu komponen penting dan dianggap sepele ini memang terkadang sering tak terlalu diutamakan, ya meski terlihat sederhana namun pelek dan ban membawa pengaruh besar dalam urusan performa serta kenyamanan saat berkendara.

Bagi anda yang doyan dengan modifikasi tentu bagian sisi pelek ini menjadi sasaran utama guna mempercantik dan menyempurnakan kemolekan dari sisi modifikasi. Berdasarkan salah satu sumber yan dikutip HarianLampung.co.id dari Kompas.com yang turut mewawancarai salah satu bengkel ternama akan modifikasinya.

Pelek mobil memang idealnya standar, meskipun demikian mau naik 2 atau 3 tingkat juga terlibat tak ada masalah hanya saja bagian kaki-kaki juga harus disesuaikan dengan tingkatan pelek tersebut. Seperti contoh Jika mau bertambah lebih besar lagi menjadi 16 inci, ban yang digunakan 205/55. Selanjutnya untuk pelek 17 inci (paling besar) bisa menggunakan ban 205/50 atau 215/45.

“Ingat, semakin besar pelek, otomatis ban yang digunakan semakin tipis ketebalannya. Hal tersebut tentu akan mengurangi kenyamanan karena efek penyerap benturan dari ban berkurang dan hanya mengandalkan sok,” beber Amar.

Beberapa yang dilakukan pemodifikasi untuk mengakali masalah ini adalah dengan mengubah kaki-kaki mobil. Paling sederhana dengan mengganti per bawaan pabrik dengan karakter yang lebih kaku ayunannya. Fungsinya, dengan beban pelek dan ban lebih besar dari standar, otomatis butuh daya kejut lebih keras.

“Sebelum ganti pelek, diskusikan dulu dengan orang bengkel sehingga tahu apa saja yang harus diganti. Jangan sampai, sudah mobil enggak keren malah rugi karena harus jebol kaki-kaki,” tutup Amar.


Imam Bukhori on twitterImam Bukhori on facebook
Imam Bukhori
Dibesarkan dari kalangan sederhana membuat sosok Imam tumbuh menjadi seorang yang haus akan perubahan terurama disisi teknologi, terlebih dimana saat ini berada di perkembangan pesat teknologi membuat mata saya terbuka akan semua hal yang berkaitan dengan inovasi terbaru maupun membandingkan hal-hal yang berbau teknologi, tak pelak saya sebagai penulis HarianLampung.co.id lebih berfokus terhadap kategori Teknologi.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *