Tips Jitu Membuat Kerjaan Jadi HaveFun
Tips Jitu Membuat Kerjaan Jadi HaveFun

Tips Jitu Membuat Kerjaan Jadi HaveFun

HarianLampung.co.id – Terkadang memang benar pekerjaan seringkali menjadi beban bahkan membosankan, namun tak jarang juga pekerjaan yang kita kerjakan justru menjadi menyenangkan.

Tak dapat dipungkiri hal tersebut memang banyak sekali dipengaruhi oleh faktor x maupun y, tentunya hal tersebut sangat mengganggu kinerja dari apa yang kita kerjakan, lantas bagaimana caranya agar apa yang kita kerjakan menjadi menyenangkan alias HaveFun.

HarianLampung.co.id coba menelisik lebih dalam mengenai hal ini dan menemukan beberapa tips jitu yang dibagikan oleh salah seorang passsion coach yang juga penulis best seller dari buku Lakukan Dengan Hati, Ini Cara Gue, dan Passion!–Ubah Hobi Jadi Duit, yang dikenal luas dengan gaya penulisan dan gaya panggungnya yang jenaka, nyeleneh, blakblakan, kreatif, dengan materi praktikal. Biasa dipanggil Coach D, ia adalah anggota dan coach tersertifikasi dari ICF (International Coach Federation), yang memusatkan diri pada pengembangan passion dan profesi yakni Dedy Dahlan.

Tips Jitu Membuat Kerjaan Jadi HaveFun

1. Bikin Aktivitas Anda Jadi Bermakna
Jangan pandang dan jalani aktivitas Anda ibarat paksaan atau sekedar mengugurkan kewajiban doang. Ini yang bikin apapun jadi terasa hampa. Tanyakan pada diri Anda, “Kenapa Anda melakukan ini?” temukan alasan pribadi yang memotivasi Anda.
Tips: Pasang hal yang memberi makna itu – mimpi, nilai hidup, foto keluarga, barang pribadi – di area kerja Anda, dan minta keluarga Anda itu menuliskan kata motivasi yang hangat dan pribadi!

2. Ingat Manfaat Finansialnya
Uang bukan segalanya. Tapi kalau sampai Anda memilih, dan masih tetap ada di profesi ini sampai sekarang, artinya paling tidak, Anda membutuhkan uangnya. So untuk bikin Anda lebih melupakan keluhan Anda, pikirkan hasil yang Anda bawa pulang dari aktivitas ini.
Tips: Buat rencana bagaimana Anda akan memakai dan menikmati uang hasil kerja untuk Passion Anda, dan bersama orang terdekat Anda. Mau liburan ke mana? Mau belikan Anak Anda apa?

3. Tetapkan Tujuan dan Rencana
Oke, memang kantor Anda punya tujuan dan rencana buat Anda. Tapi kalau Anda cuma mengikuti rencana yang dibikin orang lain, Anda bakal cepat bosan, karena tidak merasa memiliki peran aktif dalam tujuan rencana itu.
Tips: Bikin tujuan dan rencana pengembangan diri pribadi Anda, sehubungan dengan aktivitas rutin Anda, yang nyambung dengan tujuan kantor Anda. Jadi kantor berkembang, Andapun berkembang!

4. Bikin Jadi Permainan
Kata siapa kerja nggak bisa dinikmati? Ketika kita tidak melibatkan diri dan tidak masuk ke dalam aktivitas kita, kita bakal mudah bosan dan mudah mengingat negatif dari aktivitas kita. Jadi solusinya, kita harus menantang diri kita dalam ‘permainan pekerjaan’!
Tips: Anggap kerja Anda game. Bikin target-target pribadi, tantangan yang harus Anda pecahkan, dan achievement yang Anda dapat. Bahkan bikin hadiah untuk diri sendiri kalau Anda memecahkan rekor lama Anda!

5. Bikin Variasi Sederhana, tapi Berbeda
Seringkali yang bikin kita bosan adalah pengulangan rutinitas yang sama, itu- ituuuu saja. Jadi solusi untuk dengan instan bikin kerja jadi lebih fun adalah dengan menyelipkan hal yang berbeda!
Tips: Ubah urutan kerja Anda, ubah jalur ke kantor, ubah menu makan siang, ubah gaya baju Anda, ubah cara bicara Anda, ubah apapun, dan sekecil apapun hal yang bisa Anda ubah dari hari ke hari.

6. Bangun Relasi Lebih Baik Lagi
Percaya nggak percaya, sangat banyak orang yang tidak keluar dari pekerjaan dan profesi yang tidak disukainya semata karena “Sayang sama teman- teman kerja”. Membina hubungan akrab dengan teman kerja, dan punya relationship yang baik dengan mereka akan bikin kerja terasa lebih seru!
Tips: Bina hubungan baik dengan rekan kerja, bikin ‘habit’ bersama yang seru, seperti makan bareng, sesi sharing bareng, bikin klub hobi, bertukar ide dan tugas, dan lain- lain


Activian Grapiter on facebook
Activian Grapiter
Sebagai seorang penggiat seni tentunya dituntun memiliki gaya berfikir luas dan terbuka, hal tersebut coba saya aplikasikan kedalam hidup dimana kemandirian dari seorang penggiat seni juga menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan bukan hanya dari sisi kesenian, hal tersebut yang membuat saya tertarik untuk terus berinovasi bersama ide yang saya miliki untuk mengembangkan dalam dunia sastra khususnya menulis.

Komentar Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *