Media Inspirasi Masa Kini

Peningkatan Tiga Kualifikasi BPK Oleh Pemkot Bandar Lampung Disambut Positif

HarianLampung.co.id – Pemkot Bandarlampung Membaik di Tahun 2022, Dapat Opini WDP dari BPK RI. Peningkatan Tiga Kualifikasi BPK Oleh Pemkot Bandar Lampung Disambut Positif

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung mengklaim bahwa tiga kualifikasi yang disyaratkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Lampung guna mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) telah membaik di 2022.

Peningkatan Kualifikasi Pemkot Bandarlampung

Menurut Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bandarlampung M Nur Ramdhan, Pemkot Bandarlampung telah melakukan banyak perbaikan pada tiga hal yang menjadi indikator, yaitu penganggaran pendapatan, besarnya hutang belanja, dan besarnya penggunaan dana yang sudah ditentukan penggunaannya.

Pada tahun 2022, penganggaran pendapatannya sudah lebih baik dibandingkan pada tahun 2019 dimana saat itu Pemkot Bandarlampung mendapatkan WTP.

Di lihat dari sisi penganggaran pendapatan, pada 2019 itu penganggaran pendapatannya masih di angka Rp980 miliar, sementara di Tahun 2022 Pemkot Bandarlampung sudah menganggarkan lebih kecil Rp935 miliar.

Sementara dari sisi realisasinya, pendapatan di 2019 itu Rp627 miliar sementara di 2022 sudah Rp645 miliar.

Selanjutnya, hutang belanjanya di tahun 2019 pemkot memiliki utang sebesar Rp412 miliar, sementara di 2022 tinggal Rp354 miliar.

Penggunaan kas yang sudah ada peruntukannya, dimana pada 2019 penggunaan kas itu mencapai Rp22,8 miliar, naik di tahun 2020 menjadi Rp91 miliar dan 2021 menjadi Rp107 miliar yang digunakan, sementara di 2022 tinggal Rp50 miliar.

Perbaikan Kondisi Keuangan Pemkot Bandarlampung

Dari hasil perbaikan kondisi keuangan dari tahun 2020 dan 2021, Pemkot Bandarlampung dapat dikatakan hampir sama bahkan lebih baik dibandingkan dengan kondisi WTP yang terakhir pada tahun 2019.

Namun, predikat opini WTP ataupun WDP merupakan hak prerogratif BPK RI.

Meskipun tidak mendapatkan opini WTP dari BPK RI, Pemkot Bandarlampung bersama pimpinan telah berupaya semaksimal mungkin untuk tetap bisa mensejahterakan masyarakat.

Bahkan Wali Kota Eva Dwiana, berpesan tidak apa-apa tak WTP, yang penting masyarakat bisa sejahtera dan semua kebutuhannya bisa terpenuhi, terus perekonomian Kota Bandarlampung semakin membaik dan semakin meningkat.

Temukan Artikel Viral kami di Google News