Media Inspirasi Masa Kini

iPhone 15 Series: Revolusi Port USB C yang Dinanti-Nanti

iPhone 15 Kapan Rilis, Cek Jadwalnya dan Bocoran Spesifikasi Harganya, sumber : Sigermedia.com
iPhone 15 Kapan Rilis, Cek Jadwalnya dan Bocoran Spesifikasi Harganya, sumber : Sigermedia.com

HarianLampung.co.id – Akhirnya, iPhone dengan port USB C, atau yang sering disebut USB Type-C, telah hadir dalam keluarga iPhone 15.

Kabar heboh ini datang langsung dari Apple Event 2023 pada tanggal 13 September 2023 kemarin. Jadi, mari kita bahas lebih dalam tentang iPhone 15 series yang telah membuat gebrakan ini.

iPhone 15 Series: Dari Port Lightning ke USB C

Sebagai penggemar setia iPhone, kita pasti tahu bahwa iPhone selama ini mengandalkan port Lightning untuk mengisi daya dan transfer data.

Tapi sekarang, dengan kedatangan iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max, semuanya berubah.

Keempat model terbaru ini sudah tidak lagi menggunakan port Lightning. Mereka beralih sepenuhnya ke port USB C. Ini adalah perubahan besar!

Port USB C di iPhone 15

Pergantian ke port USB C ini sebenarnya adalah perjalanan yang cukup panjang bagi Apple. Mereka butuh waktu sekitar 11 tahun untuk meninggalkan port Lightning yang sudah menjadi ikon khas iPhone.

Jadi, pertanyaannya adalah, apa pengaruh dari penggunaan USB C ini bagi iPhone sehingga kita semua begitu menantikannya?

Pengaruh USB C di iPhone 15

Apple sendiri mengatakan bahwa ada dua pengaruh besar dari penggunaan USB Type-C di iPhone 15 series. Mari kita bahas keduanya.

1. Lebih Fleksibel dalam Mengisi Daya dan Transfer Data

Pengaruh yang pertama adalah membuat iPhone 15 series jadi lebih fleksibel dalam mengisi daya dan transfer data. Sekarang, untuk mengisi daya atau transfer data, kita tidak perlu lagi bingung mencari kabel eksklusif.

Kita bisa menggunakan kabel USB C yang sama dengan yang digunakan di iPad, Macbook, dan AirPods Pro. Praktis, bukan?

Selain itu, penggunaan port USB C pada iPhone 15 series juga memungkinkan kita untuk mengisi daya AirPods Pro dengan menghubungkannya ke iPhone melalui kabel USB C. Jadi, semuanya menjadi lebih sederhana dan nyaman.

2. Kecepatan Transfer Data yang Lebih Tinggi

Pengaruh yang kedua adalah terkait dengan kecepatan transfer data. Ternyata, ada perbedaan kecil antara iPhone 15 versi “non-Pro” (iPhone 15 dan iPhone 15 Plus) dan iPhone 15 versi “Pro” (iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max) dalam hal kecepatan transfer data.

Apple menjelaskan bahwa peningkatan kecepatan transfer data berkat USB C hanya berlaku untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Mereka mendukung kecepatan transfer data hingga 10 gigabit per detik melalui sambungan USB 3. Ini adalah kabar baik bagi yang sering melakukan transfer data besar-besaran.

Peningkatan kecepatan transfer data ini juga terkait dengan penggunaan chip A17 Pro di iPhone 15 versi “Pro”.

Chip ini dilengkapi dengan pengontrol USB baru yang memungkinkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max untuk melakukan transfer data dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi pada USB 3.

Mereka bahkan bisa menyalurkan output video hingga resolusi 4K. Wow!

Kesimpulan

Jadi, penggunaan port USB C di iPhone 15 membawa banyak perubahan positif. Kita sekarang lebih fleksibel dalam mengisi daya dan transfer data tanpa perlu bingung mencari kabel khusus. Selain itu, kecepatan transfer data meningkat, terutama di iPhone 15 versi “Pro.”

Dari pengaruh ini, kita tidak perlu lagi khawatir atau bingung ketika hendak mengisi daya atau transfer data di iPhone kita.

Semuanya bisa dilakukan dengan kabel USB C, yang hampir semua orang sudah punya. Jadi, mari kita sambut perubahan positif ini dengan senyuman, karena iPhone 15 telah mengubah cara kita berhubungan dengan teknologi.

Terima kasih telah membaca, dan sampai jumpa di artikel teknologi selanjutnya!

Temukan Artikel Viral kami di Google News