Media Inspirasi Masa Kini

Duh iPhone 15 dan 15 Pro Cepat Panas Hingga Overheat

iphone 15

HarianLampung.co.id – Saat ini┬áiPhone 15 dan iPhone 15 Pro mungkin menjadi perbincangan hangat di antara pengguna ponsel pintar.

Sayangnya, bukan karena kehebatan teknologi atau fitur canggih yang mereka bawa, melainkan masalah panas berlebih yang dihadapi oleh sebagian pengguna.

Apple akhirnya angkat bicara mengenai keluhan ini. Namun, yang mengejutkan, mereka menyalahkan bukan hardware, melainkan software, khususnya iOS 17.

Pengguna iPhone 15 dan 15 Pro melaporkan masalah panas berlebih yang mereka alami saat menggunakan ponsel ini.

Kejadian ini paling sering terjadi saat menjalankan beberapa aplikasi tertentu seperti Instagram, Uber, dan Asphalt 9. Ponsel menjadi “lebih hangat dari biasanya” ketika aplikasi-aplikasi ini dijalankan.

Apple menegaskan bahwa meskipun ponsel menjadi panas berlebih, tidak ada risiko keselamatan yang terkait dengan masalah suhu ini.

amun, mereka juga mengakui bahwa ada faktor lain yang dapat menyebabkan iPhone 15 menjadi panas, yaitu mengisi daya dengan charger USB-C 20W setelah melakukan proses restore iPhone.

Apple berjanji untuk segera memperbaiki masalah ini melalui pembaruan iOS 17.1. Mereka menyatakan bahwa pembaruan ini tidak akan berdampak pada performa ponsel dengan mengurangi kinerjanya, berbeda dengan analisis Ming-Chi Kuo yang mengusulkan throttling sebagai salah satu solusi untuk mengatasi masalah overheat.

iPhone 15, terutama iPhone 15 Pro, hadir dengan beberapa pembaruan signifikan yang bisa berdampak pada masalah panas berlebih ini. Salah satunya adalah chip A17 Pro dengan fabrikasi 3nm dan rangka berbahan titanium.

Chip ini seharusnya menjadi nilai jual utama iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max. Apple mengklaim bahwa system on a chip ini mampu menjalankan game dengan kualitas grafis tinggi, seperti Resident Evil Village.

Sebelumnya sejumlah pengguna iPhone 15 series telah mengeluhkan masalah ini.

Ada yang mengatakan bahwa ponsel mereka menjadi sangat panas saat di-charge, sementara yang lain merasakannya saat menjalankan tugas sederhana seperti scrolling media sosial.

Bahkan YouTuber Korea Selatan, BullsLab, melakukan uji coba panas dengan menggunakan kamera thermal.

Hasilnya, suhu bagian belakang iPhone 15 Plus mencapai 46,7 derajat Celsius, sedangkan iPhone 15 Pro Max mencapai 46,2 derajat dengan titik terpanas di bagian bawah kamera.

Temukan Artikel Viral kami di Google News