Media Inspirasi Masa Kini
News  

Ini Syarat Wajib Para Honorer Agar Langsung Diangkat ASN

HarianLampung.co.id РIni Syarat Wajib Para Honorer Agar Langsung Diangkat ASN. Wah, kabar gembira buat para honorer nih!

Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani dan mengesahkan Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Nah, ada kabar seru nih buat teman-teman yang masih jadi honorer, sekarang ada syarat baru nih buat langsung diangkat jadi ASN.

Gak sabar? Sini, kita kupas tuntas!

Penataan Honorer: Deadline Desember 2024

Dalam aturan yang baru ini, ternyata ada batas waktu nih buat penataan tenaga honorer. Jadi, teman-teman honorer wajib bener-bener menyelesaikan verifikasi, validasi, dan pengangkatan oleh lembaga yang berwenang paling lambat Desember 2024.

Kita harus aware, karena sejak Undang-Undang ini berlaku, Instansi Pemerintah gak boleh lagi ngangkat pegawai non-ASN. Makanya, ayo segera penuhi syarat-syaratnya!

Syarat Wajib Para Honorer Agar Langsung Diangkat ASN: Biar Gak Ketinggalan!

Ok, sekarang kita masuk ke pokok pembicaraan. Bagaimana sih syarat-syaratnya buat jadi ASN? Simak baik-baik ya, supaya kita gak ketinggalan kereta!

1. Usia, Jangan Terlalu Muda atau Tua

Pertama, soal usia. Kalo teman-teman berusia di antara 19 tahun sampai 46 tahun, wah itu sudah memenuhi syarat. Jadi, yang masih muda atau yang udah punya pengalaman, semuanya bisa ikutan!

2. Masa Kerja, Satu Tahun Penuh

Nah, yang kedua, masa kerja. Teman-teman honorer harus punya pengalaman kerja minimal satu tahun secara terus menerus.

Cuma buat honorer dokter yang udah selesai tugasnya, syarat ini gak berlaku. Makanya, pastikan masa kerjamu sudah terisi dengan baik ya!

3. Tantangan untuk Honorer Dokter

Khusus buat teman-teman honorer dokter, ada syarat khusus nih. Kalo kamu udah selesai atau lagi bertugas, usiamu maksimal 46 tahun dan bersedia bekerja di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan, atau tempat sepi yang gak banyak diminati, minimal 5 tahun. Ini tantangan seru nih buat yang berani!

4. Tenaga Ahli yang Dibutuhkan

Ada juga kesempatan buat tenaga ahli tertentu yang dibutuhkan negara. Mereka yang gak tersedia di kalangan PNS bisa diangkat jadi CPNS, asalkan usianya di bawah 46 tahun dan sudah mengabdi ke negara setidaknya satu tahun.

Jadi, buat yang punya keahlian khusus, ini kesempatan emas!

5. Prioritas untuk Yang Lebih Lama Bekerja

Terakhir, pengangkatan tenaga honorer bakal diprioritaskan buat yang sudah lama bekerja atau yang usianya udah menjelang 46 tahun. Jadi, buat teman-teman yang sudah berpanas-panas di lapangan, ini peluang emas buat kita!

Catatan: Ayo Persiapkan Diri, Jadi ASN Tidak Jauh Lagi!

Gimana, teman-teman? Seru banget kan kabarnya! Jangan lupa, persiapkan diri dengan baik. Pastikan syarat-syaratnya terpenuhi supaya kita bisa jadi ASN dengan mudah.

Dan ingat, deadline penataan sampai Desember 2024, jadi jangan sampai kelewat ya. Semangat untuk para honorer, masa depan sebagai ASN sudah menanti!

Temukan Artikel Viral kami di Google News