Media Inspirasi Masa Kini

Hari Ini Tanggal 19 Desember Memperingati Hari Apa?

Hari Ini Tanggal 19 Desember Memperingati Hari Apa?

HarianLampung.co.id – Hari Ini Tanggal 19 Desember Memperingati Hari Apa?. Simak informasi terkini mengenai pengetahuan umum yang tentunya dapat menambah referensi.

Tanggal 19 Desember kita merayakan sejumlah momen penting yang telah mengukir sejarah. Simaklah kisah-kisah bersejarah yang menghiasi hari ini, mulai dari Hari Bela Negara hingga perayaan khas Amerika Serikat.

Deretan momen bersejarah dan perayaan khas tanggal 19 Desember 2023. Dari perjuangan bangsa hingga keunikan budaya, setiap momen memberikan warna dan makna yang tak terlupakan bagi kita semua.

Daftar Peringatan Di Tanggal 19 Desember

Simak selengapnya berikut ini yak.

1. Hari Bela Negara: 75 Tahun Perjuangan untuk NKRI

Peringatan Hari Bela Negara (HBN) pada tahun 2023 telah memasuki perayaan yang ke-75. Momen ini diilhami oleh Agresi Militer Belanda II pada 19 Desember 1948, ketika Kota Yogyakarta diserang dan para pemimpin Indonesia ditangkap.

Pentingnya peristiwa ini menciptakan landasan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Setiap tahun, peringatan HBN dirayakan secara serentak oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, TNI, dan Polri.

Upacara bendera dan tema “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju” menjadi bagian dari kemeriahan peringatan ini.

2. Hari Trikora: Membebaskan Irian Jaya dari Belanda

Tanggal 19 Desember juga diperingati sebagai Hari Tri Komando Rakyat (Trikora), mengenang perjuangan Indonesia merebut kembali Irian Jaya.

Dewan Pertahanan Nasional merumuskan konsep operasi ini pada tahun 1961, dan melalui perundingan New York, Irian Barat diserahkan kepada Indonesia pada 1 Mei 1963.

Fly pass pesawat terbang AURI dari Biak ke Hollandia Baru menjadi simbol kemenangan, menjadikan 19 Desember sebagai Hari Trikora hingga hari ini.

3. Hari Emo Nasional Amerika Serikat: Sejarah Subkultur yang Unik

Di Amerika Serikat, 19 Desember dirayakan sebagai Hari Emo Nasional. Subkultur ini, yang mulai muncul pada tahun 1985, menemukan pengaruh penting melalui album Weezer.

Gaya berpakaian nyentrik, rambut hitam legam, dan poni panjang menjadi ciri khas remaja yang sedih.

Tren ini semakin berkembang, terutama pada tahun 2000 dengan kesuksesan album Weezer dan Jimmy Eat World. Melalui situs jejaring sosial seperti Orkut, kultur dan gaya hidup emo semakin meluas.

4. Hari Mencari Evergreen: Tradisi Mencari Pohon Natal yang Spesial

Mendekati perayaan Natal, Amerika Serikat merayakan Hari Mencari Evergreen pada 19 Desember. Evergreen, tanaman yang tidak menggugurkan daunnya, menjadi simbol Natal dengan keindahan dan aroma spesial.

Pohon evergreen pertama kali dihias sebagai pohon Natal pada tahun 1510 di Riga, Latvia. Tradisi ini terus berkembang dengan tambahan ornamen seperti lonceng, perada, dan karangan bunga.

Meski pohon Natal sintetis sudah ada, keindahan dan aroma evergreen yang baru ditebang tetap memiliki daya tarik tersendiri. Peringatan Hari Mencari Evergreen menghormati tradisi mencari pohon Natal yang kian berharga.

Temukan Artikel Viral kami di Google News