Media Inspirasi Masa Kini

1 Kasus Baru Covid-19 Ditemukan di Lampung Selatan

covid-19

HarianLampung.co.id – Jelang akhir tahun, 1 Kasus Baru Covid-19 Ditemukan di Lampung Selatan. Dalam laporan terbaru dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, satu kasus baru COVID-19 telah terdeteksi di wilayah tersebut menjelang akhir tahun 2023.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Jamaluddin, memberikan informasi ini pada tanggal 16 Desember 2023, menyoroti kebutuhan untuk tetap waspada di tengah pandemi.

Kasus Terkonfirmasi di Desa Wai Hui

Individu yang terkonfirmasi positif COVID-19 merupakan warga Desa Wai Hui, Kecamatan Jati Agung. Langkah positif yang diambil adalah isolasi mandiri, menunjukkan kesadaran akan tanggung jawab terhadap kesehatan diri dan masyarakat sekitar.

Panggilan untuk Vaksinasi dan Booster

Dalam konteks ini, Jamaluddin mengingatkan pentingnya vaksinasi COVID-19. Bagi yang belum divaksin, panggilan diteruskan untuk segera mendapatkan vaksin, bahkan hingga dosis ketiga atau booster.

Langkah ini dianggap kunci untuk membangun pertahanan tubuh dan meminimalkan risiko penularan.

Prokes Tetap Prioritas

Jamaluddin tak lupa memberikan pengingat tentang penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang tetap menjadi prioritas.

Masyarakat diingatkan untuk selalu menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan, menjaga jarak fisik, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Respons Saat Tidak Sehat

Dalam situasi kurang sehat, terutama jika ada gejala seperti batuk dan demam, masyarakat diminta untuk selalu menggunakan masker.

Langkah selanjutnya adalah segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk pencegahan penyebaran lebih lanjut.

Perjalanan dan Prokes yang Ketat

Bagi warga yang berencana melakukan perjalanan luar kota, terutama ke daerah dengan kasus COVID-19 yang cukup tinggi, penerapan Prokes yang ketat diharapkan.

Langkah-langkah ini bertujuan untuk melindungi diri sendiri dan mencegah potensi penularan virus selama perjalanan.

Antisipasi Penularan Melalui Tindakan Sederhana

Untuk mengantisipasi penularan COVID-19, masyarakat diingatkan untuk rajin mencuci tangan, terutama setelah bepergian dari luar kota.

Tidak hanya itu, mencuci pakaian setelah berpergian juga menjadi langkah sederhana namun efektif dalam menjaga kebersihan dan mengurangi risiko penularan.

Temukan Artikel Viral kami di Google News