Media Inspirasi Masa Kini

Heboh Harga iPad 1 Jutaan, APSI Ingatkan Masyarakat Atas Penipuan

Harga iPad

HarianLampung.co.id – Benarkah Harga iPad 1 Jutaan?.┬áHarga iPad yang terlalu murah bisa jadi bukanlah tawaran yang menggiurkan, demikian imbauan dari Ketua Hubungan Pemerintah Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia (APSI), Syaiful Hayat.

Dalam pembicaraannya dengan ANTARA pada Kamis (28/12/2023), Hayat menekankan agar masyarakat tidak terburu-buru percaya pada penjual yang menawarkan harga tak masuk akal.

Menurutnya, smartphone maupun gadget lainnya termasuk iPad dengan harga tidak wajar seharusnya membuat kita curiga terhadap kualitas dan spesifikasi yang ditawarkan.

Membeli gadget dengan harga yang tidak sesuai dengan standar pasar dapat berdampak negatif, terutama ketika konsumen memaksa diri untuk membelinya.

Dampak buruknya tidak hanya terbatas pada masalah aplikasi yang bisa timbul akibat perangkat yang tidak memenuhi standar, tetapi juga bisa mengganggu kinerja sistem operasi seperti IOS atau Android.

Hayat menjelaskan bahwa smartphone dengan harga di bawah pasaran seringkali menggunakan sparepart palsu atau bahkan berasal dari bongkaran gawai lain.

Perlindungan Konsumen dan Garansi

Hayat juga menyoroti pentingnya aspek perlindungan konsumen, garansi, dan label Indonesia. Calon konsumen perlu memperhatikan hal-hal ini agar tidak terjebak dalam penawaran menggiurkan dengan potongan harga besar.

Menanggapi penjual yang memberikan diskon hingga 90 persen dari harga pasaran, Hayat menegaskan bahwa konsumen wajib mencurigai kondisi dan kualitas gadget yang ditawarkan.

Harga selisih yang terlalu besar dari harga pasaran dapat menjadi indikasi risiko, dan Hayat menyarankan agar masyarakat tetap waspada.

Patokan Harga yang Wajar

“Harga selisih dari harga pasaran, paling tidak sekitar 20 atau 30 persen. Misalnya, jika gawai asli dijual seharga Rp 10 juta, harga Rp 7 juta masih masuk akal. Namun, jika harga yang ditawarkan hanya Rp 1 juta, itu sudah patut dicurigai,” tutupnya.

Penting bagi kita sebagai konsumen untuk tidak terpedaya oleh tawaran-tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Mengutamakan kualitas dan keamanan dalam pembelian gawai adalah langkah bijak agar kita tidak menghadapi masalah di masa depan.

Temukan Artikel Viral kami di Google News