Media Inspirasi Masa Kini
News  

Kemendikbudristek Usulkan Buka Seleksi PPPK Guru Di Tahun 2024, Total 419 Ribu Formasi

Jadwal Pengisian DRH dan Usul Penetapan NI PPPK Guru

HarianLampung.co.id –¬†Guru-guru honorer, simak kabar baiknya! Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah membuka peluang emas untuk kalian dalam seleksi guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini. Jadi, ayo kita bahas detilnya dalam ngopi bareng Bu Nunuk.

Formasi Baru Untuk Guru Honorer

Dalam acara “Ngopi Bareng Bu Nunuk,” Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Bu Nunuk Suryani, mengumumkan pembukaan 419.146 formasi untuk guru honorer. Ini menjadi angin segar bagi rekan-rekan guru yang selama ini berjuang tanpa status ASN.

Menariknya, meskipun sudah ada sekitar 800 ribu guru honorer yang menjadi guru ASN PPPK sejak tahun 2021, pemerintah tetap gigih membuka seleksi dengan formasi yang mencapai lebih dari 400 ribu.

Kabarnya, ini dilakukan untuk memastikan tidak ada lagi guru honorer di sekolah-sekolah negeri.

Menuju 1 Juta Guru ASN PPPK

Bu Nunuk menjelaskan bahwa dari target satu juta guru honorer yang akan menjadi guru ASN PPPK hingga akhir 2024, saat ini sudah terpenuhi sekitar 800 ribu.

Tinggal 200 ribu lagi, dan kita akan mencapai impian itu. Meski begitu, Bu Nunuk menyampaikan bahwa mereka masih mendiskusikan detail agar pemerintah daerah dapat mengusulkan formasi secara maksimal.

Anggaran Gaji dan Diskusi dengan Kemenkeu

Tak hanya itu, Bu Nunuk juga membocorkan bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sedang berdiskusi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengenai anggaran gaji untuk 419.146 formasi guru ASN PPPK tersebut.

Rupanya, total formasi yang dibuka cukup besar, mencapai 1,38 juta, dan sebagian besar di antaranya adalah formasi guru.

Seleksi ASN PPPK untuk Tenaga Kependidikan

Jangan khawatir, rekan-rekan tenaga kependidikan juga turut diakomodir dalam seleksi ASN PPPK. Bu Nunuk mengungkapkan bahwa usulan Kemendikbudristek untuk seleksi ASN PPPK bagi tenaga kependidikan juga telah disetujui oleh Kementerian PANRB. Totalnya, ada 547 ribu formasi untuk tenaga kependidikan.

Jadi, bagi guru honorer dan tenaga kependidikan, persiapkan diri kalian untuk mengikuti seleksi ASN PPPK tahun ini.

Semoga dengan adanya pembukaan formasi baru ini, kita bisa melihat lebih banyak guru dan tenaga kependidikan yang mendapatkan pengakuan dan haknya. Tetap semangat dan pantengin terus informasinya!

Temukan Artikel Viral kami di Google News