Media Inspirasi Masa Kini

Tergoda Harga Murah? Kenali Risiko Tersembunyi Motor Tarikan Leasing

motor bekas tarikan leasing

HarianLampung.co.id – Tergoda Harga Murah? Kenali Risiko Tersembunyi Motor Tarikan Leasing.┬áMemiliki sepeda motor merupakan impian banyak orang.

Bagi yang memiliki keterbatasan finansial, membeli motor secara kredit di leasing menjadi solusi yang menarik.

Lembaga pembiayaan ini menawarkan berbagai skema cicilan yang menarik, seperti uang muka ringan, angsuran rendah, bunga ringan, dan promo lainnya.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua orang mampu menyelesaikan cicilan motornya hingga lunas. Hal ini menyebabkan banyak motor ditarik oleh pihak leasing karena kredit macet.

Motor-motor tarikan leasing ini kemudian dilelang atau dijual secara individu dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga pasaran.

Meskipun tergiur dengan harga murah, ada banyak risiko yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli motor tarikan leasing.

Risiko Membeli Motor Tarikan Leasing:

1. Kondisi Motor Tidak Terjamin

Motor tarikan leasing umumnya memiliki kondisi yang tidak sebaik motor bekas biasa. Hal ini karena pemilik sebelumnya mungkin telah mengganti beberapa komponen dengan yang lebih murah atau bekas untuk meringankan beban cicilan.

2. Dokumen Kendaraan Bermasalah

Beberapa motor tarikan leasing mungkin memiliki dokumen kendaraan yang tidak lengkap atau bermasalah. Hal ini dapat membuat proses balik nama menjadi sulit dan berisiko.

3. Risiko Penipuan

Banyak penipuan yang memanfaatkan situasi ini dengan menawarkan motor tarikan leasing dengan harga yang sangat murah. Pastikan Anda berhati-hati dan melakukan riset sebelum membeli motor dari sumber yang tidak terpercaya.

Tips Membeli Motor Tarikan Leasing:

1. Lakukan Riset

Sebelum membeli, lakukan riset terlebih dahulu tentang motor yang ingin Anda beli. Cari tahu harga pasaran motor tersebut dan bandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh penjual.

2. Periksa Kondisi Motor

Periksa kondisi motor secara menyeluruh. Perhatikan kondisi mesin, bodi, dokumen kendaraan, dan kelengkapan lainnya.

3. Minta Bantuan Ahli

Jika Anda tidak yakin dengan kondisi motor, mintalah bantuan kepada bengkel terpercaya untuk melakukan pemeriksaan.

4. Lakukan Transaksi di Tempat Terpercaya

Lakukan transaksi di tempat yang terpercaya dan pastikan Anda mendapatkan bukti pembelian yang sah.

5. Hati-hati dengan Penawaran yang Terlalu Murah

Jika harga yang ditawarkan terlalu murah, waspadalah terhadap penipuan. Biasanya, penipu akan meminta uang muka terlebih dahulu sebelum Anda melihat motornya.

Membeli motor tarikan leasing bisa menjadi pilihan yang menarik untuk mendapatkan motor dengan harga murah.

Namun, penting untuk selalu berhati-hati dan mempertimbangkan semua risiko yang ada sebelum Anda memutuskan untuk membeli.

Kesimpulan:

Membeli motor tarikan leasing memiliki risiko yang cukup tinggi. Pastikan Anda melakukan riset dan pemeriksaan menyeluruh sebelum membeli untuk menghindari penipuan dan mendapatkan motor dengan kondisi yang baik.

Temukan Artikel Viral kami di Google News