Media Inspirasi Masa Kini
News  

Tanggal 22 Oktober Hari Memperingati Apa?

harianlampung.co.id – Tanggal 22 Oktober 2022 jatuh pada hari Sabtu. Pada hari ini, umat Hindu di Bali merayakan Hari Raya Saraswati.

Selain itu, ada juga peringatan-peringatan lain hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 22 Oktober 2022 .

Hari Raya Saraswati

Hari raya Saraswati diperingati pada Saniscara Umanis Wuku Watugunung yang jatuh pada tanggal 22 Oktober .

Hari Saraswati adalah hari yang penting bagi umat hindu, khususnya bagi siswa sekolah dan penggelut dunia pendidikan.

Ini dikarenakan Saraswati merupakan perayaan turunnya ilmu pengetahuan kepada umat manusia.

Pada hari ini dilakukan upacara selamatan terhadap semua pustaka, lontar dan kitab sebagai penghormatan dan bentuk syukur kepada Yang Maha Kuasa yang telah menurunkan ilmu pengetahuan.

Baca Juga  Gelar MTC Tahap Tiga, Mandiri Sekuritas Tawarkan Hadia Berupa 50.000 Lembar Saham BMRI

Hari Santri

Hari Santri diperingati setiap tanggal 22 Oktober sejak tahun 2015. Hari ini ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo dengan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

Hari Santri dibuat untuk mengenang, meneladani dan melanjutkan peran ulama dan santri dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik lndonesia (NKRI) serta berkontribusi pada pembangunan bangsa.

Penetapan hari ini dilatarbelakangi oleh peran besar para ulama dan santri pondok pesantren dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga  Laba Bersih Kliring Berjangka Indonesia Tumbuh 21 Persen hingga Kuartal III-2022

Tanggal 22 Oktober dipilih karena merupakan tanggal ditetapkannya seruan resolusi jihad pada tanggal 22 Oktober 1945 oleh para santri dan ulama pondok pesantren dari berbagai penjuru lndonesia.

Seruan ini mewajibkan setiap Muslim untuk membela tanah air dan mempertahankan kemerdekaan NKRI dari serangan penjajah.

Peringatan Hari Santri antara lain dilakukan dengan menggelar upacara bendera. Tahun ini, peringatan Hari Santri bertema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Hari Kesadaran Gagap Internasional

Hari Kesadaran Gagap Internasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Hari ini telah ada sejak tahun 1998.

Hari Kesadaran Gagap Internasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai gagap, penyebabnya serta masalah yang dihadapi orang-orang yang gagap.

Baca Juga  Jambore kewirausahaan bakal kembali digelar di Yogyakarta November

Gagap adalah gangguan komunikasi di mana pengulangan atau penghentian abnormal suara dan suku kata, menyebabkan masalah pada aliran bicara.

Referensi:

  • tentang Hari Santri pada tahun 2015

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”