Media Inspirasi Masa Kini

Pemulihan Cepat, tapi Teknik Paintless Dent Removal Tidak Bisa Digunakan untuk Ini

harianlampung.co.id – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/08/29/Ay6TmsFs/a2-viva-44ef.jpg”>

Sesuai namanya, Paintless Dent Removal merupakan salah satu teknik yang digunakan pada perbaikan untuk penyok bagian bodi mobil. Dibandingkan perbaikan bodi konvensional, teknik ini disebut lebih mudah dengan proses perbaikan yang relatif singkat.

1. Cara kerja paintless dent removal

Perbaikan menggunakan PDR seringkali hanya memakan waktu beberapa menit. PDR akan memperbaiki daerah yang rusak dari dalam. Memang terdengar lebih rumit dari pengerjaannya. Teknik PDR yang paling umum memanfaatkan batang logam dan body pick untuk mendorong penyok dari bagian bawah panel bodi.

Baca Juga  Begini Cara Merawat Mobil Putih Agar Tidak Menguning

Teknik PDR digunakan untuk memperbaiki penyok lebih cepat (foto: Viva)

Ada lem dan tab yang dirancang khusus untuk mengeluarkan penyok dari bagian luar panel. Beberapa alat PDR yang digunakan akan menekan penyok dari dalam. Alat tersebut akan dimasukkan ke dalam panel untuk menekan daerah-daerah tertentu sehingga memungkinkan “natural memory” logam berada pada posisi semula.

Tapi jika Anda ingin melakukan teknik PDR sendiri, mendorong terlalu keras bisa mengakibatkan lapisan luar dan cat retak. Karena itu, pengoperasian seharusnya dilakukan oleh teknisi berpengalaman. Teknisi bisa menyelesaikan sebagian besar kerusakan tanpa pengamplasan, pengecatan, sehingga menghemat waktu dan biaya pengerjaan.

Baca Juga  Suzuki Avenis 125 Vs Honda Vario 125 Mana Yang Lebih Bertenaga?

Alat yang digunakan untuk teknik PDR (foto: Dualima)

>>> Temukan tips dan trik perawatan mobil lainnya disini

2. Penyok yang tidak bisa diperbaiki PDR

Meskipun kebanyakan penyok bisa disembuhkan menggunakan teknik ini, tapi ada beberapa kerusakan yang tidak mempan dengan teknik ini. Dalam wawancaranya bersama GridOto, Untung Wisnu Broto selaku pemilik Smart Repair, Ciledug menjelaskan diantaranya,

Beberapa kerusakan mengharuskan pemilik mengunjungi bengkel body repair (foto: YouTube)

Memang, proses perbaikan Paintless Dent Removal lebih cepat dibandingkan perbaikan body lainnya. Namun, tidak semua kerusakan bodi bisa diperbaiki dengan PDR. Jika dibutuhkan, Anda harus mengunjungi bengkel body repair terdekat untuk memperbaiki penyok atau ringsek pada mobil Anda.

Baca Juga  Pentingnya Cek Kondisi Mobil Sesaat Sebelum Berkendara Di Pagi Hari

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”