Media Inspirasi Masa Kini

Tips Rawat Ban Agar Lebih Awet, Kapan Waktu Yang Tepat Mengganti Ban Mobil?

harianlampung.co.id – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2021/01/20/NaRYWXKq/0125-1-8899.png”>

Ganti ban paling cepat selama 5 tahun, maksimal 10 tahun

Ganti ban sebaiknya setelah 5 tahun pemakaian atau paling maksimal 10 tahun

Usia ban umumnya mencapai 5 tahun. Ketika sudah dipakai dalam rentang waktu tersebut, ban harus lebih rutin diperiksa karena mulai aus. Ketika umur ban sudah mencapai 10 tahun, maka disarankan mengganti ban baru karena sudah tidak layak pakai dan umumnya sudah dalam kondisi botak atau tidak stabil ketika berkendara.

Baca Juga  Langka, BMW M3 GTR 2001 Ini Dijual Kondisi Masih Full Original

Sering-seringlah cek tekanan udara

Cek tekanan udara secara rutin agar ban lebih awet

Salah satu cara untuk memperpanjang usia ban adalah adalah memeriksa tekanan angin dalam ban secara rutin minimal sebulan sekali. Semakin banyaknya tempat tambal ban dan isi angin hidrogen di SPBU memudahkan Anda untuk memeriksa tekanan angin dalam ban.

Cek kondisi ban 2 bulan sekali

Cek kondisi ban untuk memastikan masih dalam kondisi layak pakai

Tidak hanya rutin memeriksa tekanan angin, kondisi ban juga wajib Anda periksa kondisinya. Cara paling mudah adalah menggunakan koin dan putar pada alur ban untuk memeriksa lapisan ban apakah sudah mulai menipis atau masih tebal.

Baca Juga  Barang Impor Makin Mahal, Siap Beralih ke Komponen Aftermarket Lokal

Ingat selalu untuk balancing setelah memasang ban baru

Lakukan balancing setiap mengganti ban lama dengan ban baru

Untuk menjaga keseimbangan mobil, lakukan balancing karena setiap ban berbeda dengan ban yang lain baik itu kondisi ban lama atau baru. Anda bisa merasakannya ketika mengemudi mobil terasa goyang yang artinya mobil tidak seimbang. Akibatnya ban bisa lebih cepat rusak bila mobil tidak seimbang dan usia ban lebih pendek.

Baca Juga  Polestar Ingin Keluar Dari Bayang-Bayang Volvo, akan Jegal Porsche Di Segmen EV

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”