Media Inspirasi Masa Kini

Hindari Empat Kebiasaan yang Membuat Konsumsi Motor Matik Jadi Lebih Boros

harianlampung.co.id – Berikut empat kebiasaan yang sebaiknya dihindari agar motor matik lebih irit BBM, dirangkum dari berbagai sumber:

Geber Gas secara Spontan

Motor matik berbeda dengan motor kopling dan motor bebek. Untuk motor yang menggunakan transmisi manual, borosnya bahan bakar tergantung kecepatan dari motor.

Bedanya dengan motor matik, untuk melahap jarak yang sangat jauh pun bisa irit. Caranya membuka throttle secara perlahan dan bertahap. Motor matik akan langsung boros ketika pengendara membuka throttle secara spontan. Jadi semakin mulus transisi kecepatan yang dilakukan, maka semakin irit bahan bakar yang dikonsumsi.

Baca Juga  Modifikasi Pelek All New Suzuki Ertiga Paling Pas Pakai Ring 17

Tutup Gas secara Spontan

Jika membuka tidak boleh spontan, menutupnya juga tidak boleh mendadak. Menutup throttle secara dadakan akan membuat motor melakukan engine brake, bahan bakar motor matik akan terkonsumsi dengan lebih banyak pada saat seperti ini.

Contoh, di jalan sepanjang 100 km, akan lebih irit menaiki motor matik jika berkendara stabil di kecepatan 70 sampai 80 km per jam dibandingkan berkendara dengan kecepatan yang naik turun.

Baca Juga  Hyundai Akan Produksi Setir Lipat Untuk Mobil Otonom

Beban Berlebih

Di manapun membawa beban yang berlebihan adalah kesalahan. Selain membuat suspensi bekerja lebih keras, bahan bakar akan menipis secara mudah. Karena sudah pasti untuk membawa beban yang lebih berat, dibutuhkan tenaga lebih besar. Dampaknya adalah konsumsi bahan bakar.

Menggunakan BBM Oktan Rendah

Penggunaan bahan bakar juga sangat mempengaruhi irit tidaknya penggunaan bahan bakar sebuah motor. Jika rutin menggunakan oktan yang sesuai, pemakaian bahan bakar akan lebih irit daripada menggunakan BBM dengan oktan rendah demi kuantitas.

Baca Juga  Modikasi Mazda MX-5 Jadi Speedster Ini Hasil Buatan Startup

Malah dengan kualitas bahan bakar yang baik, penggunaan bahan bakar dengan oktan tinggi dapat membantu merawat mesin motor lebih awet.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”