Media Inspirasi Masa Kini

Barang Impor Makin Mahal, Siap Beralih ke Komponen Aftermarket Lokal

harianlampung.co.id – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/09/12/Ay6TmsFs/gt-1-678×381-d1fd.jpg”>

Banyak yang kurang suka memakai komponen aftermarket lokal. Entah karena asumsi kualitas yang lebih rendah dibandingkan produksi luar hingga daya tahan serta sedikitnya pilihan seringkali menjadi alasan. Namun sebenarnya ada keuntungan jika konsumen berpacu-pacu membeli komponen lokal, yaitu untuk meningkatkan perekonomian Tanah Air.

Banyak modifikator yang lebih memilih menggunakan produk aftermarket impor (Foto: Sriwijaya Post)

Sebagaimana dijelaskan oleh pemilik bengkel Kratos Garage, Andi Akbar ketika diwawancarai oleh Viva, menyebutkan bahwa mahalnya komponen aftermarket impor sepertinya tidak menjadi masalah bagi penggila modif. “Kesulitan, jujur dari saya, karena ada beberapa konsumen yang ingin barang buatan luar negeri, dan enggak peduli masalah harga.”

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed 2016

Meskipun begitu, Andi yang juga menjadi modifikator motor custom Presiden Jokowi mengajak untuk pecinta otomotif yang juga gemar mempermak kendaraan mereka untuk memakai komponen lokal. Ia menyebutkan bahwa bagus atau tidaknya modifikasi tergantung konsep dan kerapian pengerjaan, tidak hanya dari kualitas produk.

Bahkan ada satu masalah yang bisa dialami oleh pengguna komponen impor, yaitu keterbatasan kondisi purna jual dibandingkan produk dalam negeri. “Dari sisi purnajual, barang lokal kalau ada kerusakan bisa protes ke tempat pembuatannya. Kalau impor, rusak bingung mau bagaimana,” jelas Anda.

Baca Juga  Mobil 'Batman' Listrik Ini Pecahkan Rekor Tercepat di Goodwood Festival of Speed

GT Radial, salah satu penyedia produk aftermarket asli Indonesia (Foto: Aftermarket Plus)

Memakai produksi dalam negeri akan meningkatkan kepercayaan terhadap hasil kerja anak bangsa. Siklus perekonomian akan lebih stabil dan membuat nilai rupiah menjadi semakin kuat ketimbang menggunakan produk impor. Mari beralih gunakan produk dalam negeri dalam modifikasi mobil dan menghidupkan komponen aftermarket lokal.

Baca Juga  Tips Modifikasi Toyota Calya yang Murah dan Tak Merusak Garansi

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”