Media Inspirasi Masa Kini

Membawa Barang di Atap Mobil, Perubahan Aerodinamika Berujung Pemborosan

harianlampung.co.id – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/09/15/Ay6TmsFs/roadandtrack2-c67e.jpg”>

Produsen mobil secara ketat menguji kendaraan baru di sebuah terowongan angin untuk memangkas elemen yang bisa berdampak negatif terhadap aerodinamika mobil. Sedikit perubahan pada eksterior mobil dapat berdampak signifikan terhadap ekonomi bahan bakar. Terlebih ketika membawa barang di atap mobil, tentu saja berpengaruh terhadap ekonomi kendaraan.

Pengujian aerodinamika dilakukan untuk efisiensi mobil (Foto: Road and Track)

Ketika MensHeatlh.com diundang selama pengujian di terowongan angin untuk Buick Regal TourX pada fasilitas Lockheed Martin di Georgia, Amerika Serikat, ada banyak benda yang diletakkan di bagian atap kendaraan. Teknisi Buick memberikan penjelasan tentang cara memasang berbagai perlengkapan luar ruangan di atap kendaraan yang akan mempengaruhi jarak tempuh bahan bakar Anda.

Baca Juga  Lokasi SIM Keliling Sabtu 29 Oktober 2022, Polisi Bongkar Alasan SIM Tidak Berlaku Seumur Hidup

Dengan tes kontrol, TourX tanpa atap rel terpasang mengungkapkan bahwa penambahan rel atap bisa menurunkan ekonomi bahan bakar mobil sekitar tujuh persen atau mpg berkurang -2. Ada dua item lain yang diuji dengan dampak paling kecil pada jarak tempuh adalah papan dayung dan bagasi atap, masing-masing mengurangi efisiensi bahan bakar sekitar 19% atau -5.5 mpg.

Gear yang memiliki dampak paling besar dalam efisiensi kendaraan adalah sepeda gunung yang diikat ganda ke bagian atap, berdampak pada penurunan bahan bakar sebesar 31% atau -9 mpg. Yang kedua yaitu kayak dengan penurunan -8 mpg atau sekitar 28%.

Baca Juga  Komparasi Mazda 3 Hatchback vs Honda Civic Hatchback Turbo: Persaingan Medium Hatchback Terbaik dari Jepang

Aerodinamika terganggu dengan papan selancar di atas mobil (Foto: Road and Track)

Percobaan tersebut menjelaskan semua peralatan yang diletakan di bagian atap akan mempengaruhi jarak tempuh bahan bakar Anda. Semakin luas permukaan item, semakin besar dampaknya pada efisiensi bahan bakar. Dan semakin aerodinamis barang yang Anda letakkan, semakin sedikit mempengaruhi ekonomi bahan bakar Anda.

Sebaliknya, menggunakan barang-barang yang bisa membantu aerodinamika kendaraan akan membuat mobil semakin hemat. Salah satunya yaitu menggunakan ban yang lebih tipis akan meningkatkan jarak tempuh bahan bakar.

Sepeda akan menghambar aerodinamika dan menguras bahan bakar (Foto: Road and Track)

Baca Juga  Tenang, Tiga Kerusakan Pada Kaca Depan Ini Masih Bisa Diperbaiki Kok

Modifikasi pada bodi dapat mempengaruhi aerodinamika mobil. Contohnya mengangkat bodi mobil, walaupun beberapa centimeter, dapat berdampak negatif terhadap ekonomi bahan bakar. Ditambah dengan membawa barang di atap mobil seperti yang sering dilakukan ketika pulang kampung, jangan heran jika uang Anda akan lebih boros untuk isi bensin.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”