Media Inspirasi Masa Kini

Yamaha Endurance Festival 2022 Digelar Kembali di Sirkuit Sentul

harianlampung.co.id – >Balap ketahanan berlangsung selama 2 jam

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali menyelenggarakan balap ketahanan bertajuk Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2022 di Sirkuit Sentul, Bogor pada Sabtu dan Minggu (22-23/10). Balapan selama 2 jam penuh itu bakal diramaikan oleh puluhan pembalap.

Coordinator Manager of After Sales & Motor Sports PT YIMM, Riyadi Prihantono menyebut event ini jadi satu-satunya balap ketahanan di Tanah Air yang terus eksis. Lewat gelaran tersebut juga, Yamaha Indonesia ingin mengapresiasi rider profesional dan komunitas.

“Yamaha Indonesia dan para sponsor siap menyelenggarakan SHELL bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2022 yang merupakan satu-satunya balap ketahanan di Indonesia. Tahun ini adalah penyelenggaraan tahun ke-4 dan semua sangat menikmati sensasi balap ketahanan selama 2 jam di Sirkuit Sentul,” ucap Riyadi dalam keterangan resminya, Kamis (20/10).

Baca Juga  Motor Baru Piaggio Liberty Edisi Spesial 25 Tahun Rilis, Warna Gonjreng

Serupa tahun kemarin, Yamaha Endurance Festival 2022 akan melombakan 3 kelas yakni YZF-R25 Pro Rider 250 cc, Community Rider 250 cc, dan YZF-R15 Community Rider 150 cc. Seperti penjelasan sebelumnya, para pembalap harus memacu motornya selama 2 jam dan siapa yang mengumpulkan catatan waktu tercepat dialah yang berhak naik podium.

Setiap tim terdiri dari 2 pembalap dan 2 mekanik. Buat merengkuh juara bukan cuma performa motor yang kencang, terlebih penting adalah strategi tim. Misalnya menentukan pergantian rider, timing filling, sampai menghindari penalti akibat pelanggaran yang bisa saja terjadi.

Baca Juga  Special Safety Blanket Volvo agar Penumpang Tidur Nyenyak di Mobil Swakemudi

Soal sistem start pada Yamaha Endurance Festival, tetap mengaplikasi prosedur start Le Mans Style. Jadi para rider harus berlari terlebih dahulu menuju motor yang terparkir rapi di seberangnya. Hal inilah yang akan menjadi daya tarik dan challange tersendiri.

Yamaha Endurance Festival 2022 akan diikuti oleh tim-tim papan atas balap nasional seperti Yamaha RRS, Yamaha Akai Jaya MBKW2, Yamaha Ziear The Strokes55, dan Yamaha Bahtera Racing. Sementara untuk kelas komunitas bakal diramaikan oleh YROI, YARRCCI, hingga Yamaha Riders Federation Indonesia.

Buat Anda yang ingin menonton jalannya balapan bisa datang langsung ke Sirkuit Sentul tanpa dipungut biaya alias gratis. Atmosfer Yamaha Endurance 2022 diprediksi akan lebih meriah ketimbang 2021 yang saat itu digelar tanpa penonton karena pertimbangan COVID-19.

Baca Juga  Tips Rawat Ban Agar Lebih Awet, Kapan Waktu Yang Tepat Mengganti Ban Mobil?

Yang tak kalah menarik, OTO.com juga mendapat kesempatan ikut kembali di balapan ketahanan itu. Nah, bila penasaran dengan keseruan race nanti saksikan ulasannya hanya di Youtube The Official OTO, ya! (KIT/ODI)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website oto.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”