Media Inspirasi Masa Kini

Sayonara, Jazz! Tahun Depan Honda Gelar One Make Race City Hatchback RS

harianlampung.co.id – SENTUL – Setelah menutup seri Honda Jazz Speed Challenge di tahun 2021, PT Honda Prospect Motor mengumumkan akan menggelar ajang one make race tahun depan dengan Honda City Hatchback RS. Hal tersebut juga sekaligus menegaskan bahwa kehadiran Honda Jazz di Indonesia sudah berakhir dan akan dilanjutkan oleh City Hatchback RS. Selain itu, pada tahun depan Honda City Hatchback Challenge akan digelar bersamaan dengan Honda Brio Speed Challenge.

“Tahun ini merupakan tahun terakhir dari kejuaraan OMR untuk mobil Honda Jazz dan akan digantikan dengan Honda City Hatchback yang baru kami luncurkan pada awal tahun ini. Kami yakin, performa mesin dari Honda City Hatchback yang kompetitif akan membuat balapan musim 2022 mendatang semakin menantang dan menarik. Kami juga mengucapkan selamat kepada para pemenang dari One Make Race HJSC & HBSC, dan selamat bertemu kembali di musim mendatang,” kata Adhi Parama Sugarda sebagai Communication Strategy Senior Manager PT Honda Prospect Motor.

Honda City Hatchback RS sendiri merupakan model terbaru yang diluncurkan oleh HPM pada 2021 dan mengusung mesin 4 silinder 1.5 liter DOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga 121 PS. Dengan kemampuan yang dimiliki oleh Honda City Hatchback RS inilah yang kemudian membuatnya cocok untuk menggantikan ajang Honda Jazz Challenge di 2022 mendatang. Selain itu, City Hatchback juga menawarkan desain eksterior yang sangat sporty dan diklaim sangat sesuai untuk digunakan para pembalap di lintasan sirkuit.

Baca Juga  VVC Go and Fast – Drag Race VW Series Putaran II: Kolaborasi Balap, Prestasi dan Sosial

Sementara itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) diketahui saat ini tengah menggodok regulasi yang akan diterapkan pada Honda City Hatchback RS Speed Challenge tahun depan. HPM beralasan terdapat beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam menerapkan regulasi pada ajang One Make Race ini.

Bahkan HPM juga masih mengevaluasi tentang jumlah peserta yang akan turut serta dalam Honda City Hatchback RS Speed Challenge tahun depan.

“Kami masih belum menargetkan secara khusus pembalap yang akan turun dalam ajang ini, tetapi bisa sama seperti ajang sebelumnya yang mencapai 20 sampai 30 peserta,” tutup pria yang kerap disapa Rama ini.

Para Juara Musim 2021

Honda Jazz Speed Challenge sudah digelar selama 15 tahun sejak 2006 – 2021 dan melahirkan beberapa pembalap muda hingga pembalap profesional. Nama-nama seperti Fitra Eri, Rio S.B, M. Ferrel Fadhil dan Benny Santoso merupakan pembalap dalam ajang one make race ini. Dan di kesempatan yang sama pula, Honda mengumumkan jajaran juara Honda Jazz Speed Challenge dan Honda Brio Speed Challenge untuk musim 2021.

Baca Juga  Tips Mengatasi Rasa Panik Saat Mengemudi

Pada HJSC kelas Master, pembalap kawakan Benny Santoso berhasil menjadi juara umum dengan total 116 poin. Sepanjang musim ini, Benny berhasil finis terdepan sebanyak dua kali dari total 6 seri. Meski demikian Benny mengakui sempat beberapa tahun vakum dari ajang ini namun pada tahun ini kembali berkompetisi di HJSC dan meraih gelar juara umum. Sementara pada posisi kedua di kelas Master ditempati oleh M. Ferrel Fadhil dari tim dengan 93 poin dan diikuti oleh Fitra Eri di posisi ketiga dengan total 73 poin.

Selain kelas Master, pada HJSC ini juga terdapat kelas Rising Star yang diisi oleh M. Andri Abirezky sebagai juara umum dengan total 125 poin, setelah berhasil finis terdepan sebanyak lima kali. Pada posisi kedua, Annis Badro’uf berhasil mengumpulkan 108 poin dan Radityo Mahendra di posisi ketiga dengan total 70 poin.

Untuk kelas Promotion, Vivaldhi Dwi Putra berhasil keluar sebagai juara umum dengan total 123 poin yang diikuti oleh Irvan Fauzie dengan total 108 poin. Sedangkan Akheela Chandra di posisi ketiga berhasil mengumpulkan 66 poin.

Pada HBSC, Hendra Bonank berhasil menjadi juara umum pada kelas Rising Star dengan total 150 poin. Dede Yoni Azhari berhasil keluar sebagai juara kedua setelah mengumpulkan total 60 poin yang diikuti oleh M. Arief Hidayat dengan total 54 poin.

Baca Juga  Tak Takut Baterai Habis, Hyundai Sonata Hybrid Gunakan Panel Surya Pada Mobilnya

Pada kelas Promotion, Naufal Rafif Busro berhasil keluar sebagai juara pertama dengan total poin sempurna, yakni 150 poin. Diikuti oleh Rio R. Bramantio dengan total 78 poin di posisi kedua dan Yudha Maulana Saputra di posisi ketiga dengan total 78 poin.

Selanjutnya, pada kelas Rookie yang diikuti oleh para pembalap pemula, M. Hery Wibowo telah berhasil memperoleh total 123 poin dan berhasil naik ke podium pertama. Diikuti oleh Samuel DO dengan total 82 poin di posisi kedua, dan Reindy Maenix Riupassa dengan total 62 poin di posisi ketiga. Honda Brio Speed Challenge sendiri pertama kali digelar oleh PT Honda Prospect Motor pada tahun 2013, dan telah menggelar total sebanyak 8 kejuaraan hingga tahun 2021.ALVANDO NOYA / WH

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”