Media Inspirasi Masa Kini

BMW i3 akan Menjelma Jadi Versi Listrik Seri 3 di China

harianlampung.co.id – BEIJING – Selama ini nama BMW i3 kita kenal sebagai model hatchback alias city car bertenaga listrik. Tapi di China berbeda, karena i3 diketahui akan beredar dalam wujud sebuah sedan. Ya, sesuai angkanya, i3 yang dimaksud beredar seolah menjadi versi listrik dari sedan Seri 3.

Oleh pihak otoritas di China, terungkap rangkaian dokumen visual yang menyebutnya sebagai All-New BMW i3. Tampak sangat jelas identitas Seri 3 sedan pada model yang disebut sebagai i3 baru tersebut. Namun dibandingkan versi standarnya ada sejumlah pembeda yang menjadi ciri-ciri dari i3 versi sedan ini.

Disebutkan bahwa i3 Sedan ini mengambil basis Seri 3 Long Wheelbase yang memang sudah beredar khusus untuk pasar di China. Jika melihat tampangnya, pembeda utama ada pada grille double kidney yang sepenuhnya tertutup karena untuk tingkatkan efisiensi aerodinamika. Sisi dalam bezel grille ini juga dihiasi oleh aksen biru khas BMW i, melambangkan elektrifikasi.

Baca Juga  Kegep, MPV Hyundai Stargazer Berkamulflase Wara-Wiri Di Tengah Arus Mudik

Saluran udara tidak seluruhnya dihilangkan, karena BMW masih memberikan intake di bagian bawah grille dan samping bumper depan. Desain lampu utama juga berbeda, karena tidak ada ceruk di garis bagian bawahnya. Tampilan fascia depan berkarakter sporty, seperti mengadopsi part dari M Sport, dengan desain intake yang besar.

Kemudian desain khas mobil listrik juga tampak dari bentuk velg yang lebih tertutup rongga di antara setiap palangnya, untuk menghasilkan coefficient of drag seminim mungkin. Lalu rancangan side skirt tidak kalah menonjol, dengan bentuk yang bergaya sporty.

Yang paling mencolok ada di bagian belakang. Bagian bawah bumper mendapat diffuser yang besar layaknya mobil sport, juga dengan aksen biru. Emblem di kap bagasi bertuliskan i3, lalu disertai penanda powertrain yaitu eDrive35L. ada juga lembar informasi soal opsi aksesori i3 yang tersedia sesuai variannya seperti grille, bumper depan, velg, dan cover spion.

Baca Juga  Ini Alasannya, Mengapa “Lampu Merah” Menggunakan Warna Hijau, Kuning dan Merah

Informasi yang berupa listing dari pemerintah China ini menyebut bahwa i3 Sedan punya performa yang cenderung jinak. Disebut bahwa top speed hanya 180 km/jam. Sementara salah satu variannya punya motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga 335 hp, sama seperti output i4 eDrive40. Varain tersebut mengandalkan hanya satu motor listrik yang menggerakkan roda belakang.

Sejauh ini informasi terkait spesifikasi tidak tersedia banyak. Namun jika i3 berbagi spesifikasi teknis seperti i4, maka bisa saja dibekali juga dengan baterai 83,9 kWh lithium-ion. Setidaknya dengan baterai ini i4 punya klaim jarak tempuh sampai dengan 493 km, dengan estimasi EPA.

Baca Juga  Video: Kelemahan dan Kelebihan All New Terios

Prediksinya, BMW akan memperkenalkan i3 versi sedan ini tidak lama lagi. Karena informasi yang tersebar terlihat cukup valid walaupun belum resmi. Tebakan sejauh ini adalah Beijing Auto Show 2022 yang akan menjadi momen debut BMW i3 terbaru, yang digelar pada bulan April mendatang.WAHYU HARIANTONO

Sumber: Carscoops

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”