Media Inspirasi Masa Kini

Terlihat Eksklusif di Jalan, Berikut Cara Dan Biaya Pilih Nopol Cantik

harianlampung.co.id – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2020/11/17/O1Na1YSZ/checkthumbnail-3a26.jpg”>

Pada dasarnya nomor polisi (nopol) pada mobil atau motor berfunsi sebagai tanda registrasi atau identitas. Namun seiring berjalannya waktu, nopol kini tidak lagi hanya sebagai pelengkap kendaraan. Beberapa pemilik mobil membuat nopol menjadi sebuah gaya hidup agar mobil semakin terlihat eksklusif. Bila nopol pada umumnya memiliki tiga bagian yakni wilayah, nomor polisi dan kode akhir wilayah, kini nopol bisa dipesan sesuai keinginan pemilik kendaraan. Meskipun biaya pemesanan nopol cantik ini lebih mahal dari harga normalnya.

Nopol cantik bisa menjadi ciri khas dari mobil Anda sekaligus terlihat eksklusif di jalan

Pemilihan nopol cantik pun beragam. Bisa dikombinasikan huruf dan angka yang membentuk nama pemilik kendaraan, atau nomor yang identik dengan tanggal lahir. Tentunya tarif nopol pilihan ini tidak murah. Untuk jual belinya bisa dilakukan di SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) atau melalui biro jasa yang saat ini sudah banyak menawarkan bisnis tersebut. Anda bisa mendatangi tempat biro jasa atau media online namun pastikan bukan penipuan.

Baca Juga  Jangan Sampai Salah, Inilah Perbedaan Lampu LED dan DRL

Meski bisa bebas memilih nopol cantik, tapi ternyata pemakaiannya ada aturannya sendiri dan tidak bisa diganti sembarang. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 mengenai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang mengatur tarif pasang pelat nomor cantik. Sehingga Anda bisa memastikan biaya yang dikeluarkan tidak terlalu berlebihan.

Penggunaan nopol cantik bisa menjadi sebuah kata yang menjadi ciri khas mobil tersebut

Dipaparkan pada peraturan tersebut besarnya tarif memesan nopol cantik mobil yang dibedakan dalam beberapa kategori. Untuk pemesanan satu angka, dua angka atau tiga dan empat angka mempunyai tarif yang berbeda-beda. Dicantumkan juga disitu pemakaian huruf pada bagian belakang nopol cantik terdapat tarif yang berbeda. Dalam PP baru tersebut, biaya yang harus disiapkan bila ingin memesan nopol berkisar Rp 5 juta hingga Rp 20 juta.

Baca Juga  Berburu Kredit Mobil Medan untuk Mudik

Adapun untuk tarif nopol cantik ini terbagi dalam empat kategori yakni satu angka, dua angka, tiga angka dan empat angka. Dalam kategori angka tersebut pun dibagi lagi apakah Anda ingin memakai kode huruf atau tanpa kode huruf di belakang angka. Nopol satu angka umumnya digunakan untuk mobil dinas atau pejabat negara seperti presiden dan wakilnya, menteri, gubernur, DPR atau kepala kejaksaan. Nopol satu angka ini memang spesial.

Nopol cantik juga bisa disesuaikan dengan tanggal lahir atau nomor favorit

Meski begitu, publik saat ini bisa menggunakna nopol cantik satu angka selama belum terpakai oleh kendaraan lain tentunya. Nopol satu angka tidak hanya spesial tapi juga menjadi tarif paling mahal bila Anda ingin memesannya. Biayanya bisa mencapai Rp 20 juta nopol dengan satu angka dan tanpa kode huruf di belakang. Banyak juga yang mengombinasikan angka dengan huruf sehingga terbaca menjadi satu kata dan biaya yang harus dikeluarkan bervariasi. Untuk satu angka dengan kode huruf dibelakangnya berkisar Rp 15 juta. Dengan harga tersebut, apakah Anda masih berminat untuk memesan nopol cantik untuk mobil kecintaan?

Baca Juga  Garda Oto Pastikan Evakuasi Mobil Banjir Jakarta Terus Terlayani Baik

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”