Media Inspirasi Masa Kini

Daihatsu Catat Penjualan Tertinggi, Sumbangan Xenia Baru Belum Signifikan

harianlampung.co.id – JAKARTA — Kehadiran New Xenia belum banyak mendorong menjualan Daihatsu pada November lalu. Total retail sales Daihatsu pada November 2021 juga mengalami kenaikan sebesar 4 persen menjadi 14.861 unit dibandingkan bulan Oktober 2021 sebanyak 14.301 unit. Capaian penjualan bulan November 2021 juga menjadi rekor penjualan Daihatsu tertinggi sepanjang tahun 2021.

Secara persentase, kenaikan ini didominasi oleh top 3 model Daihatsu, secara berturut-turut mulai dari Xenia dengan raihan 1.555 unit atau naik sebesar 210 persen (2 kali lipat) dibandingkan bulan sebelumnya, Terios 1.746 unit (123 persen), dan Rocky 1.080 unit (107 persen).

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan meski menjadi penyumbang persentase (growth) terbesar Daihatsu, penjualan Xenia baru yang diluncurkan pada GIIAS 2021 lalu belum terlalu banyak. Daihatsu menyebutkan penjualan didukung dengan komposisi Grand New Xenia sebanyak 1.087 unit (70 persen), dan All New Xenia 468 unit (30 persen).

Baca Juga  Awas! Ini 3 Dampak Mobil Jika Dipaksa Pakai Oktan Rendah

“Ini karena penjualan Xenia baru dimulai di GIIAS 2021. Kemudian distribusi ke konsumen juga bertahap. Jadi belum bisa banyak kontribusinya. Mudah-mudahan bulan depan baru terlihat,” kata Hendrayadi.

Hendrayadi mengatakan penjualan khusus model All New Xenia pada November 2021, Daihatsu mencatatkan pilihan mesin yang paling banyak dipesan oleh pelanggan memiliki komposisi 1.3L sebesar 73 persen dan 1.5L sejumlah 27 persen. Jikd dirinci lebih lanjut, top 3 varian yang paling diminati pelanggan secara berturut-turut adalah 1.3R M/T sebesar 33 persen, disusul 1.3R CVT (25 persen), dan 1.5R CVT (13 persen).

“Kami bersyukur, melihat capaian Xenia yang terjual 2 kali lipat dari rata-rata per-bulannya, membuktikan bahwa Xenia terus mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia, baik untuk All New Xenia, maupun Xenia model sebelumnya,” kata Hendrayadi Lastiyoso.

Baca Juga  Ekspansi ke Sulawesi, MG Motors Resmikan Outlet MG Kairagi Manado

Ia mengatakan peningkatan penjualan memang dialami secara nasional. Hingga November 2021, total market nasional mengalami kenaikan signifikan dibanding tahun sebelumnya dengan catatan retail sales mencapai sekitar 761 ribu unit, dan wholesales sekitar 790 ribu unit.

Daihatsu juga mengalami peningkatan volume retail 132.950 unit, plus market share 17,5 persen. Sementara sisi wholesales sebanyak 149.113 unit berikut pangsa pasar 18,9 persen.

Di saat yang sama ADM juga melaporkan program CSR (Corporate Social Responsibility) di bidang Pintar Bersama Daihatsu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pada Pilar Pintar, salah satu program yang diimplementasikan yakni fokus dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi pendidikan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) otomotif dengan poin pengembangan : Soft Skill, Hard Skill dan Pemenuhan Fasilitas.

Oleh karena itu, Bengkel Sahabat Daihatsu hadir sebagai tempat pembelajaran, sekaligus dapat menerima perawatan kendaraan secara umum, sehingga dapat meningkatkan kemampuan teknis sesuai dengan standar Daihatsu.

Baca Juga  Suzuki Indonesia Resmi Luncurkan Skutik Avenis 125, Harga Lebih Mahal dari Vario 160

Dimulai dari tahun 2011 sampai saat ini sudah terdapat 12 Bengkel Sahabat Daihatsu di antara 398 SMK Binaan Daihatsu yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Malang dan Sumatera.

“Kami berharap, program Bengkel Sahabat Daihatsu ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, serta kompetensi SMK otomotif di Indonesia, sekaligus dapat berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM). (RAJU)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”