Media Inspirasi Masa Kini

Hati-hati, Tempat Ini Rawan Karat di Mobil

harianlampung.co.id – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/10/22/6kDubyiR/karat-mobil-e8a2.jpg”>

Karat memang menjadi musuh utama material logam, terutama besi. Pasalnya reaksi kimia ini mampu menggerogoti besi yang dihinggapi, hingga tak tersisa. Begitu juga di mobil. Karat menjadi bahaya laten yang harus dihindari keberadaannya. Sifatnya yang merusak besi, karat yang menempel di bodi tentu dapat mengurangi nilai ekstetika pada kendaraan kesayangan Anda.

Karat pada mobil bisa muncul dimana saja khususnya bahan logam pada bodi

Jadi karat hadir karena material besi yang teroksidasi. Pada akhirnya reaksi itulah yang menyebabkan timbulnya karat di bodi mobil. Jangan Anda berpikir, bahwa bodi mobil yang sudah dilindungi dengan cat beberapa layer, akan sukar untuk ditembus oleh karat. Cat pun bisa ditembus oleh karat, hingga cat yang juga memiliki fungsi melindungi bodi, justru malah rusak. Ada beberapa lokasi pada bagian mobil yang mudah atau rawan terkena karat.

Baca Juga  Revvo 89 Dihapus Akhir Tahun, SPBU Vivo Mulai Jual BBM Setara Pertalite

1. Ruang Mesin

Wajar jika karat menghampiri ruang mesin, pasalnya bagian ini seringkali menjadi tempat kotoran terjebak. Untuk mencegahnya Anda bisa melakukan pembersihan secara rutin.

Meski ruang mesin tertutup oleh kap mesin, namun tempat ini termasuk rawan karat

2. Bagian Pintu

Jangan heran jika bagian engsel pintu sering timbul karat. Karena daerah ini menjadi tempat jalur air lewat, sehingga sering kali mengalami kondisi basah.

Baca Juga  Begini Cara Merawat Mobil Putih Agar Tidak Menguning

3. Kolong Mobil

Karat bisa hinggap juga di kolong mobil, karena kolong mobil menjadi area yang sering terkena kotoran dari cipratan roda saat jalanan basah. Cara paling jitu membersihkannya adalah dengan melakukan pencucian menggunakan tekanan air yang tinggi. Tujuannya, agar berbagai macam kotoran yang hinggap di kolong mobil bisa rontok.

Bagian kolong mobil yang bisa terkena air dan jarang diperhatikan bisa menimbulkan karat

4. Jalur Air

Desainer mobil dengan sengaja membuat jalur air di bodi, agar air tidak menggenang. Sayangnya karena sering dilalui oleh air, bagian ini bisa lebih cepat didatangi oleh karat.

Baca Juga  Tips Merawat Kaca Mobil agar Tidak Berjamur dan Berembun Selama Musim Hujan

5. Atap

Atap menjadi bagian yang paling terdampak oleh cuaca ekstrem. Salah satu indikasinya adalah cat yang menggelembung, karena dalam kondisi tersebut karat sudah ada di material besi dan mendorong setiap layer cat ke permukaan atas.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”