Media Inspirasi Masa Kini

Formula E Resmi Digelar Tahun Depan Di Ancol

harianlampung.co.id – JAKARTA – Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Ancol resmi ditentukan sebagai tempat dilangsungkannya ajang balap Formula e Jakarta yang bakal digelar pada tahun depan. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix, Ahmad Sahroni di Jakarta.

Alotnya penentuan lokasi yang akan dijadikan sirkuit Formula-e Jakarta Prix dikarenakan oleh proses kelayakan dan persetujuan dari Formula E Operation (FOE) dan Federation International Automotive (FIA). Penentuan Ancol sebagai venue dari Formula E Jakarta ini juga hasil dari lima lokasi yang diajukan ke FIA dan FOE yakni Ancol, Sudirman, PIK, Jakarta International Stadium dan Kemayoran.

Menurut Sharoni, Ancol akan sangat cocok menjadi lokasi digelarnya ajang balap Formula E karena merupakan salah satu ikon dari Ibukota Jakarta.

“Ancol adalah tempat yang dinamis dan merupakan salah satu ikon kota Jakarta. Selain itu lokasi ini saat ditutup pada penyelenggaraan nanti tidak mengganggu prasaran umum di sekitarnya. Selain itu, dengan digelarnya formula E di Ancol dipastikan akan memberikan banyak manfaat baik dalam sektor material maupun non material,” kata Ahmad Sahroni.

Baca Juga  Mengetahui Cara Kerja Kampas Kopling

Sementara itu, FIA yang menjadi penyelenggara dari ajang Formula E ini telah merilis jadwal resmi untuk musim depan dan Jakarta masuk sebagai salah satu venuenya yang ditetapkan pada 4 Juni 2021 mendatang.

Pada penyelenggaraan tahun ini Formula E akan digelar dua seri balapan dalam satu negara sekaligus di antaranya ialah Diriyah, Roma, Berlin, New York, London, dan Seoul.

Formula E musim ini juga akan diisi oleh 11 tim balap yang terdiri dari 22 mobil supercepat bertenaga listrik. Beberapa tim seperti Porsche, DS Automobile, Jaguar, Audi dan Mercedes akan bersaing dengan teknologi terbarunya. Seluruh kendaraan akan dibekali dengan baterai lithium ion berkapasitas 54 kWh yang dikawinkan dengan transmisi 5 percepatan dan memiliki kecepatan maksimal 225 km/jam sesuai dengan aturan FIA. Sementara itu mesin yang digunakan oleh para tim Formula E rata-rata menggunakan dua motor elektrik yang mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam hitungan 3 detik.

Baca Juga  Prodrive Rilis Teaser Subaru Impreza Klasik, Debut Tanggal 25 Mei

Tidak seperti balapan Formula 1, para penonton akan disuguhkan dengan aksi kecepatan tanpa suara dari mobil-mobil peserta namun tetap menonjolkan ketangkasan para pembalapnya. (ALVANDO NOYA/EK)

Kalender Balap Formula E 2022

Round

ePrix

Country

Circuit

Date

1

Diriyah ePrix

Saudi Arabia

Riyadh Street Circuit

28 January 2022

2

29 January 2022

3

Mexico City ePrix

Mexico

Autódromo Hermanos Rodríguez

12 February 2022

4

Rome ePrix

Italy

Circuito Cittadino dell’EUR

9 April 2022

5

10 April 2022

6

Monaco ePrix

Monaco

Circuit de Monaco

30 April 2022

Baca Juga  Berapa Kisaran Biaya Coating Mobil 2 Layer Di Jakarta?

7

Berlin ePrix

Germany

Tempelhof Airport Street Circuit

14 May 2022

8

15 May 2022

9

Jakarta ePrix

Indonesia

Jakarta International ePrix Circuit

4 June 2022

10

Vancouver ePrix

Canada

Vancouver Street Circuit

2 July 2022

11

New York City ePrix

United States

Brooklyn Street Circuit

16 July 2022

12

17 July 2022

13

London ePrix

United Kingdom

ExCeL London

30 July 2022

14

31 July 2022

15

Seoul ePrix

South Korea

Seoul Street Circuit

13 August 2022

16

14 August 2022

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”