Media Inspirasi Masa Kini

KALEIDOSKOP 2021: Ini 5 MPV Terlaris di Indonesia

harianlampung.co.id – JAKARTA – Pasar otomotif nasional sejak pertengahan tahun 2021 mulai memperlihatkan tanda-tanda pemulihan. Rilis produk-produk baru terus mengalir dan angka penjualan mulai memperlihatkan kenaikan cukup signifikan.

Terbukti bahwa berdasar data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada periode Januari hingga November 2021, penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) mobil sebanyak 790.524 unit. Sementara penjualan ritel (dari dealer ke konsumen) mencapai 761.861 unit. Dari data tersebut tercatat pangsa pasar MPV adalah 40 persen dari penjualan ritel itu.

Memang kenaikan penjualan itu juga disebabkan adanya relaksasi pajak dari pemerintah, berupa diskon pajak PPnBM sehingga membuat harga mobil menjadi lebih rendah dibandingkan sebelum berlaku diskon pajak tersebut.

Berikut 5 MPV terlaris di Indonesia sepanjang 2021:

1. Toyota Avanza-Veloz: 56.127 unit

Penjualan Avanza (termasuk Veloz) sepanjang Januari-November 2021 tercatat sebanyak 56.127 unit. Angka ini merupakan tertinggi dibanding mobil lainnya yang dijual di Indonesia sampai November 2021. Perhitungan ini juga termasuk dengan model terbaru, yakni All New Veloz dan Avanza dan juga model GR Sport yang hadir di pertengahan tahun menggantikan TRD Sportivo.

Jika di generasi sebelumnya yang lebih dominan adalah Avanza dengan rata-rata komposisi 68,3 persen, untuk generasi baru ini justru Veloz yang mendominasi dengan komposisi 67,4 persen.

All-New Toyota Avanza tipe 1.5 G M/T dan 1.5 G CVT menjadi pilihan utama pelanggan yang umumnya adalah first buyer dan lebih mengedepankan aspek fungsional buat mendukung kegiatan rutin mereka, baik di dalam maupun luar kota.

Sementara tipe tertinggi pada All-New Toyota Veloz yaitu 1.5 Q CVT dan 1.5 Q CVT TSS lebih mendominasi sesuai dengan profil penggunanya. Biasanya konsumen yang membutuhkan kendaraan stylish dan dibekali dengan advance features untuk mendukung aktivitas lifestyle mereka sehari-hari untuk beragam lokasi.

Baca Juga  Terancam Kehilangan Gelar, Quartararo Klaim Mentalnya Masih Aman

2. Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 45.576 unit

Mitsubishi Xpander menduduki peringkat kedua mobil terlaris di Indonesia 2021. Dirinya terjual sebanyak 45.576 unit sepanjang Januari hingga November 2021. Pencapaian tersebut sudah termasuk varian Xpander Cross. Bila dibanding dengan tahun sebelumnya, produk andalan MMKSI ini mengalami peningkatan. Pada 2020, Xpander mencatat penjualan sebanyak 26.362 unit.

New Xpander dan New Xpander Cross hadir dengan tampilan baru, baik dari bagian eksterior maupun interiornya. Xpander baru ini memiliki desain grille dan bumper depan baru, serta lampu depannya yang menggunakan desain T-Shape LED. belakangnya menampilkan tailgate garnish.

Xpander facelift sudah menggunakan sistem transmisi CVT dan suspensinya sudah ditingkatkan. Tidak ketinggalan sejumlah fitur keselamatan seperti Electronic Parking Brake + Brake Auto Hold (BAH), Cruise Control, Speed Sensing Door Lock, Auto Stop and Go, RISE Body, Hill Start Assist, Active Stability Control, hingga Emergency Stop Signal (ESS). Xpander baru ditawarkan dalam beberapa varian mulai dari GLS,Exceed, Sport dan Ultimate dengan banderol harga mulai Rp 228 jutaan sampai Rp 272 jutaan.

Sedang New Xpander Cross tidak terlalu banyak perubahan pada eksteriornya, hanya penggunaan grille baru yang kini berwarna black metallic. Namun perubahan signifikan hadir pada bagian interiornya. Ia ditawarkan dalam tiga varian yakni MT, CVT dan Premium Package CVT yang dibanderol mulai Rp 268 jutaan sampai Rp 291 jutaan. Masih ada model Black Edition dengan audio Rockford Fosgate yang dapat dipilih. Xpander dan Xpander Cross termasuk dalam model yang mendapatkan keringanan PPnBM.

3. Toyota Kijang Innova dan Venturer: 43.408 unit

Berlakunya diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) sebesar 50 persen untuk mobil di atas 1500 cc berefek pada penjualan Toyota Kijang Innova. Penjualan MPV kebanggaan Toyota hingga November tahun ini berhasil terjual sebanyak 43.408 unit.

Baca Juga  Subaru Indonesia Menolak Jualan Mobil 7-Penumpang

Innova 2021 memanfaatkan tipe mesin diesel 2GD-FTV dengan teknologi DOHC with VNT Intercooler berkapasitas 2.400 cc dan mesin bensin 1TR-FE dengan teknologi DOHC with Dual VVT-i berkapasitas 2.000 cc. Berbekal mesin 4-silinder dan 16-katup, mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 149 PS per 3.400 RPM dengan torsi maksimum 359,9 Nm per 1.200-2.600 RPM. Innova dibanderol mulai Rp 326 jutaan sampai Rp 417 jutaan.

Khusus tahun ini, dalam rangka merayakan ulang tahun ke 50 Toyota di Indonesia, terdapat Innova edisi khusus. Sesuai ulang tahun Toyota, model ini hanya ditawarkan 50 unit saja. Tidak ada yang berbeda dengan fiturnya, Toyota hanya memberikan ubahan pada eksterior dengan menghadirkan stiker berwarna emas dengan detail perjalanan panjang Toyota 50 tahun. Edisi khusus ini tersedia dengan tipe V Luxury dengan harga Rp 404,5 juta dan Venturer Rp 482,7 juta saat diluncurkan.

4. Daihatsu Sigra: 36.717 unit

Di segmen LCGC MPV, Daihatsu Sigra termasuk paling laris, pencapaian hingga November ada di angka 36.717 unit. Ia merupakan kendaraan alternatif pilihan bagi mereka yang menginginkan mobil dengan harga terjangkau. Selain banderol, daya tarik lainnya yaitu biaya pajak dan perawatan murah, serta konsumsi BBM yang cenderung irit.

Beberapa keunggulan Sigra yang ditawarkan antara lain, desain eksterior yang stylish dan modern. Meski identik dengan mobil murah, Sigra juga dilengkapi dengan polished alloy wheel berukuran 14 inci dengan tambahan mud guard pada keempat rodanya yang membuatnya tampil lebih ekslusif.

Interiornya lebih mewah dengan kehadiran sentuhan warna 2 tone color perpaduan hitam dan light grey. Bagian center cluster, knob AC tampil lebih modern untuk memudahkan pengguna dalam mengatur suhu kabin di dalam mobil. Head unit 2-Din touch screen serta fitur electric retractable mirror juga sudah hadir di beberapa varian Sigra.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed 2016

Fitur keamanan ada rear parking camera untuk kemudahan saat memarkirkan kendaraan, dual SRS Airbag, ABS EBD untuk beberapa varian, serta front seatbelt 3P with pretensioner & force limiter.

Sigra mendapatkan dua pilihan mesin yakni 1KR-VE DOHC 998 cc dengan tenaga 67 ps dan torsi 89 Nm, serta mesin 3NR-VE DOHC Dual VVTI 1.197 cc yang menghasilkan tenaga 88 ps dan torsi 108 Nm. Banderol harganya mulai Rp 122 jutaan sampai Rp 165 jutaan.

5. Toyota Calya: 32.258 unit

Mobil di kelas low cost green car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan dari Toyota ini juga masuk ke dalam daftar MPV terlaris. Mobil berkonfigurasi 5+2 ini membukukan angka penjualan hingga November sebesar 32.258 unit.

Toyota Calya dibekali dengan mesin 3NR Dual VVT-i 4-silinder berkapasitas 1.197 cc. Dilengkapi dengan dua pilihan transmisi, yaitu sistem transmisi manual (M/T) 5-percepatan dan transmisi otomatis (A/T) 4-percepatan. Jantung mekanisnya itu mampu menghasilkan tenaga 88 PS per 6.000 RPM, dengan torsi mencapai 11 Kgm per 4.200 RPM. Harganya dibanderol mulai Rp 146 jutaan sampai Rp 167 jutaan. Model ini juga termasuk dalam program keringanan PPnBM. (ZENUAR YOGA/EK)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”