Media Inspirasi Masa Kini

5 Fitur Penting Saat Musim Hujan, Gunakan Secara Optimal

harianlampung.co.id – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/11/23/6kDubyiR/4321202995-1885199c76-b-3fb0.jpg”>

Mengemudi dalam kondisi hujan mempuntai potensi bahaya lebih besar dibandingkan saat cuaca cerah. Beberapa faktor yang menjadi penyebab bahaya adalah jalanan yang licin, genangan air, serta visibilitas yang terbatas. Agar tetap aman ketika di jalan, ada 5 fitur penting yang bisa Anda optimalkan saat musim hujan.

1. Lampu kabut

Lampu kabut selain berguna untuk menjaga visibilitas juga penanda posisi mobil dari arah berlawanan

Fitur sederhana ini terkadang diabaikan oleh pabrikan yang tidak menyematkannya pada varian entry level. Pun pemilik mobil terkadang lupa mengaktifkan lampu kabut yang padahal punya peran penting ketika mengemudi dalam cuaca hujan deras. Selain membantu visibilitas, lampu kabut juga membuat mobil yang berlawanan arah melihat posisi mobil Anda. Namun bila hujan tidak deras dan visibilitas masih cukup menggunakan lampu utama, lampu kabut bisa dimatikan agar arus listrik yang terpakai tidak terlalu besar sehingga umur aki Anda lebih panjang.

Baca Juga  Penting untuk Anda Ketahui, Aturan Batas Kecepatan di Jalan

2. Rem ABS

Fitur ABS menjaga roda tidak mengunci saat terjadi rem mendadak

Jalanan licin menjadi salah satu faktor potensi bahaya saat mengemudi di musim hujan. Terlebih bila Anda dalam posisi kencang dan harus melakukan rem mendadak. Bila mobil Anda belum disematkan ABS, maka akan semakin sulit mengendalikan mobil. Namun beruntung, bila fitur ini telah disematkan karena bisa menghindari potensi ban terkunci sehingga mobil masih bisa dikendalikan saat mobil depan melakukan rem mendadak.

3. Kontrol Traksi

Jalanan licin membuat mobil menjadi lebih mudah spin, fitur kontrol traksi akan menjaga roda pada putarannya

Salah satu kesulitan saat mobil berakselerasi dalam keadaan jalanan licin adalah menjaga traksi roda. Mobil menjadi mudah untuk spin atau sliding karena jalanan yang basah. Untuk menjaga putaran roda tersebut, saat ini di mobil modern sudah banyak yang menyematkan fitur kontrol traksi. Melalui fitur ini pengemudi bisa menstabilkan traksi roda mobil sehingga tetap aman saat jalanan licin.

Baca Juga  Kredit Mobil, Enaknya Pilih Kredit Syariah Atau Konvensional?

4. VSC (Vehicle Stability Control)

Saat berbelok mobil akan tetap pada jalurnya sehingga lebih aman meski jalan licin

Fitur ini masih tergolong mewah sehingga belum banyak pabrikan yang menjadikannya fitur standar. Namun bila mobil Anda mempunyai fitur ini, akan berguna saat musim hujan. Fitur VSC (vehicle stability control) akan menjaga posisi mobil tetap stabil sehingga berada di jalurnya. Potensi mobil untuk oversteer atau understeer saat menikung di jalanan licin lebih besar. Disinilah fitur VSC bekerja sehingga mobil tetap berada di jalurnya dan tetap aman.

5. Defogger

Embun pada kaca akan hilang melalui fitur defogger ini sehingga visibilitas tidak terganggu

Baca Juga  Cintamobil TV: 6 Mobil Bekas Terbaik di Razia Dealer Amin Motor, Bekasi

Saat musim hujan, visibilitas menjadi terganggu baik karena intensitas air yang deras atau embun yang muncul pada kaca mobil. Untuk kasus embun pada kaca, fitur defogger akan membantu pengemudi agar bisa melihat sekeliling mobil. Fitur yang bersifat pemanas ini berfungsi untuk menghilangkan embun. Pada kaca depan biasanya ada hawa panas yang dikeluarkan pada sisi depan dasbor, sedangkan untuk kaca belakang ada elemen panas yang membuat embun menguap.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”