Media Inspirasi Masa Kini

Bisa Jadi Pilihan! 3 Mobil Teraman Berdasarkan Kelasnya dalam Euro NCAP 2018

harianlampung.co.id – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/12/13/Ay6TmsFs/5ecb0410-2018-euro-ncap-best-in-class-cars-9fa9.jpg”>

Tiga mobil berhasil mencapai skor sangat tinggi dalam segmen mereka di Euro NCAP adalah Mercedes-benz A-Class dalam kategori “mobil keluarga kecil’, Lexus ES menjadi yang mobil teraman untuk kategori ‘mobil keluarga besar’, sedangkan mobil dengan sel bahan bakar hidrogen Hyundai Nexo memenangkan kategori “off-road besar’.

Mercedes-Benz A-Class yang memimpin kategori “Mobil Keluarga Kecil”

Masing-masing kendaraan mewakili yang terbaik dari gaya tubuh mereka berdasarkan konteks pengujian 2018. Bisa dibilang, uji tabrakan tahun ini dibuat lebih ketat pada komponen-komponen tertentu dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tentu saja untuk menjamin keselamatan penumpang yang lebih baik.

“Pada 2018 kami memperkenalkan pengujian baru yang sulit, dengan fokus khusus pada perlindungan Pengguna Jalan Rawan,” kata Sekretaris Jenderal Euro NCAP, Michiel van Ratingen. “Tiga pemenang penghargaan Best in Class tahun ini semuanya dengan jelas menunjukkan bahwa pembuat mobil berjuang untuk tingkat perlindungan tertinggi dan penilaian Euro NCAP adalah katalis untuk perbaikan keselamatan yang penting ini.”

Baca Juga  Vespa Matik Terendam Banjir, Begini Langkah Awal Penanganannya

Hyundai Nexo memberikan peringkat keamanan tinggi untuk mobil off-road

Berbeda dengan tingkat keamanan yang semakin meningkat, 2018 juga melihat beberapa hasil tes kecelakaan Euro NCAP yang mengecewakan. Fiat Panda mencetak skor bintang nol, bergabung dengan saudaranya, Fiat Punto pada 2017 yang mendapatkan skor serupa.

Bahkan nama besar seperti Jeep Wrangler yang disebut-sebut sebagai kendaraan paling maskulin tahun ini juga tidak lepas dari hasil yang mengecewakan. Secara mengejutkan, Wrangler mendapatkan satu bintang. Sementara Suzuki Jimny mendapatkan bintang tiga yang jelas rata-rata. Mobil Lainnya mendapatkan bintang empat atau lebih tahun ini dengan setidaknya 85 persen peringkat perlindungan untuk penghuni dewasa.

Baca Juga  Aliansi Nissan-Mitsubishi Luncurkan Livina Versi Mungil

“Euro NCAP menerapkan teknologi pengemudian otomatis untuk pengujian pada tahun 2018 untuk pertama kalinya dan temuan kami membantu mengklarifikasi beberapa kebingungan yang dialami konsumen saat ini. Sistem penggerak yang dibantu dapat membawa manfaat keselamatan dan kenyamanan, tetapi otomatisasi penuh masih jauh (dikembangkan).”

Penilaian terbaik berdasarkan kelasnya pada Euro NCAP 2018

Baca Juga  [INFOGRAFIK] Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan SUV dan Crossover

Euro NCAP adalah organisasi Eropa yang membentuk dasar pengujian mobil teraman, terutama pada tes kecelakaan di seluruh Benua Biru. Didirikan lebih dari 20 tahun lalu, peringkat bintang Euro NCAP memberikan indikasi seberapa aman mobil dengan laporan mendalam bisa diakses secara gratis di situs resmi mereka di euroncap.com.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”