Media Inspirasi Masa Kini

Toyota Siapkan Pick Up Bertenaga Full Listrik, Tacoma atau Tundra?

harianlampung.co.id – NAGOYA – Meski dikenal tidak terlalu agresif dalam menghadirkan model listrik murni di jajarannya, Toyota diam-diam tengah mengembangkan kendaraan pick up bertenaga listrik. Hal tersebut terungkap dari beberapa gambar yang beredar di dunia maya. Ini adalah penampilan pertama mobil konsep Toyota di segmen truk seperti yang dijanjikan sebelumnya. Hal tersebut sesuai dengan rencana Toyota untuk menghadirkan 15 kendaraan baru bertenaga listrik pada 2025 mendatang.

Jika melihat penampilan yang ditawarkan oleh pikap kabin ganda bertenaga listrik milik Toyota ini tidak seperti pikap pada umumnya. Dimensi terlihat lebih ramping dan ringkas, bahkan kesan sporty juga cukup menonjol pada bagian eksteriornya. Truk listrik yang kita tahu sejauh ini seperti GMC Hummer EV SUT, Ford F-150 Lightning dan Rivian R1T umumnya berpostur bongsor dan sangat maskulin.

Baca Juga  Hindari Tsunami, Mobil Bukan Tempat Aman Untuk Berlindung

Beberapa rumor mengatakan desain yang ditonjolkan pada kendaraan konsep Toyota tersebut akan diaplikasikan pada model yang telah eksis sebelumnya. Kami belum bisa memastikan apakah akan digunakan pada Tundra atau Tacoma, namun informasi yang lebih santer adalah generasi baru Tacoma akan menyediakan varian listrik di samping mesin konvensional. Meskipun ada unsur Tundra pada bagian ini seperti dimensi dan fascia depan yang tidak menggunakan grille dengan aksen sarang lebah.

Toyota Tacoma yang ada saat ini menggunakan mesin berkonfigurasi V6 dengan kapasitas 3.5 liter. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan yang bekerja untuk mengalirkan tenaga 278 hp ke seluruh rodanya. Bisa jadi mesin baru yang ditawarkan oleh Toyota Tacoma varian listrik memiliki performa yang lebih besar dan lebih efisien karena tidak lagi menggunakan sistem penggerak yang rumit.

Baca Juga  Kapan Waktu Tepat untuk Menyalip Bus AKAP di Jalan Tol?

Selain mesin, pikap EV saat ini juga memiliki kemampuan off-road yang tangguh meski memiliki penampilan yang trendi. Toyota sepertinya tidak mau kehilangan porsi tersebut di masa depan sehingga sudah menyiapkan amunisi pikap EV mulai dari sekarang. Meskipun beberapa waktu lalu, Presiden Direktur Toyota Global, Akio Toyoda menyatakan bahwa EV bukanlah solusi untuk memerangi polusi udara, tapi nyatanya pabrikan tetap mengambil langkah tersebut.

Pada bagian lain, mobil konsep Toyota ini akan dibekali dengan ban off-road berukuran tebal untuk mengakomodasi kemampuannya di segala medan. Dikutip dari gearpatrol.com, akan tersedia pula varian TRD Pro dengan kelir putih dan aksen tambahan off-road di beberapa bagian eksteriornya. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai detail dan spesifikasi dari konsep Toyota Pick Up EV ini, bahkan pengenalannya saja dilakukan di dalam internal Toyota.ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga  Dinilai Paling Aman, Pakai Lap Microfiber Juga Ada Aturannya

Sumber: GearPatrol, MotorTrend

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”