Media Inspirasi Masa Kini

Mau Beli Toyota Raize? Kenali Perbedaan Raize 1.0 Turbo G, GR Sport CVT dan GR Sport TSS

harianlampung.co.id – JAKARTA – Nama Toyota Raize memang sedang melambung. Desainnya yang ciamik, disuport oleh fitur-fitur keren di kelasnya membuat kendaraan ini sangat populer di kalangan orang-orang dinamis dan keluarga muda.

Toyota Raize dipasarkan dalam 6 varian yang terdiri dari dua pilihan mesin

Fitur yang terdapat pada Toyota Raize varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS lebiih lengkap dibandingkan lima varian lain

Toyota Raize ditawarkan dalam 6 varian dengan dua pilihan mesin yakni bensin 1.0 turbo dan 1.2 liter naturally aspirated. Rentang harga mulai dari Rp 225,95 juta untuk varian Toyota Raize 1.2 G MT sampai Rp 294,85 juta untuk varian tertinggi Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS.

Dari 6 varian Toyota Raize yang dipasarkan, tipe 1.0 Turbo G CVT dan 1.0 Turbo GR Sport CVT cukup menarik untuk menjadi bahan pertimbangan. Keduanya memiliki selisih harga Rp 13,5 juta, di mana 1.0 Turbo G CVT dibanderol 260,15, sedangkan price tag untuk varian 1.0 Turbo GR Sport CVT Rp 273,35 juta. Kalau ingin yang lebih lengkap lagi, tersedia tipe Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS dengan banderolan Rp 294,85 juta.

Nah dari ketiga varian di atas dan dengan selisih harga yang ada, apa sih yang didapatkan jika ingin membeli Raize dan apa yang membedakan ketiganya?

Baca Juga  Mengapa Banyak Part Kandungan Plastik Pada Sebuah Mobil?

Mesin Raize

Sama-sama disematkan mesin 3 silinder segaris turbo 12 valve DOHC VVT-I berkapasitas 998 cc. Tenaga yang dihasilkan 96 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 140 Nm yang mana tendangan turbonya sudah diperoleh direntang 2.400 – 4.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan disalurkan ke roda depan oleh transmisi CVT yang diadopsi oleh kedua varian tersebut.

Dalam hal kaki-kaki, keduanya juga identik. Peredam kejut di bagian depan mengadopsi MacPherson Strut, sedangkan belakang Torsion Beam. Velg alloy with machining silver dual tone untuk tipe G CVT dibungkus oleh ban R17 depan dan belakang. Sedangkan untuk 1.0 GR Sport memakai warna hitam, namun desain velg tetap sama.

Untuk peranti pengereman, kedua varian mengandalkan ventilated disc brake 15 inci untuk depan, sedangkan belakang leading – trailing drum brake.

Dimensi

Sebagai SUV/crossover kompak, Toyota Raize memang memiliki dimensi bodi yang lebih ramping jika dibandingkan dengan Toyota Rush yang merupakan kakaknya. Dimensi untuk semua varian Raize sama yakni panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm dan tinggi 1.635 mm. Dengan ground clearance 200 mm, membuat pengemudi percaya diri untuk membawa Raize melewati jalanan bergelombang dan tidak rata.

Baca Juga  5 Bahan Ini Terbukti Ampuh Menghilangkan Jamur dan Baret di Kaca Mobil

Eksterior

Seluruh bentuk dan desain bodi di semua varian sama, yang membedakan adalah pada tipe 1.0 G CVT tidak dilengkapi dengan Daytime Running Light (DRL) dan Sequential Turning Lamp alias lampu sein sekuensial yang terdapat di semua tipe GR Sport. Hanya Illuminating Headlamp saja. Untuk tipe GR Sport mendapat penambahan emblem GR Sport yang berwarna merah menyala di bagian kanan belakang.

Sesuai dengan namanya GR Sport (dulu dikenal dengan varian TRD sebagai varian tertinggi), penambahan aero kit di bumper depan, belakang serta side skirt membuat penampilan mobil menjadi lebih dinamis dan sporty.

Interior

Desain interior dan kelengkapan di antara kedua varian juga mirip. Mulai dari warna, aksen, interactive head unit dan digital AC. Bahkan pada semua varian juga sudah dilengkapi kaca spion yang bisa dilipat tinggal menekan tombol saja. Pembeda yang paling menonjol di antara keduanya hanya pada pemakaian emblem GR Sport di tombol Start/Stop dan head rest. Pada varian 1.0 G CVT, hal itu tidak berlaku.

Raize varian paling mahal

Nah kalau Anda ingin memiliki Raize yang memiliki kelengkapan fitur lebih canggih lagi, bisa memilih tipe 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS. Perbedaannya terletak pada fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang dimiliki pada tipe termahal ini yang dibanderol dengan harga Rp 294,85 juta. TSS merupakan paket keselamatan berkendara canggih yang diterapkan oleh pabrikan untuk menambah keamanan, keselamatan serta kenyamanan pengguna. Fitur keselamatan tersebut meliputi keselamatannya meliputi Pre-collision Warning, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitor dan Pedal Missoperation Control.

Baca Juga  Kredit Kendaraan Bermotor DP 0% Resmi Diperbolehkan

Daftar harga Toyota Raize

Toyota Raize 1.2 G MT Rp 225,95 jutaToyota Raize 1.2 G CVT Rp 240,75 jutaToyota Raize 1.0 Turbo G MT Rp 245,25 jutaToyota Raize 1.0 Turbo G CVT Rp 260,15 jutaToyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT Rp 273,35 jutaToyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS Rp 294,85 juta

(EKA ZULKARNAIN)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”