Media Inspirasi Masa Kini
News  

Sepekan, dakwaan Ferdy Sambo hingga gas air mata tragedi Kanjuruhan

harianlampung.co.id – Selama sepekan (17-22 Oktober), berbagai peristiwa hukum telah diberitakan ANTARA mulai dari Ferdy Sambo didakwa melakukan pembunuhan berencana hingga Mahfud MD menegaskan penggunaan gas air mata menyebabkan 133 orang meninggal dunia dalam tragedi Kanjuruhan.

Berikut rangkuman berita-berita hukum selama sepekan yang masih menarik untuk kembali dibaca.

Sambo didakwa lakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J

Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo dengan tindak pidana pembunuhan berencana terhadap Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (17/10).

Ferdy Sambo disangkakan dengan pasal 340 KUHP subsider pasal 338 KUHP juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Selengkapnya baca di .

Kapolri ultimatum jajaran jalankan arahan Presiden

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan ultimatum kepada seluruh jajarannya untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi sebaik-baiknya guna mengembalikan kepercayaan masyarakat sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Baca Juga  Wabah ‘Black Death‘ Ternyata Timbulkan Warisan Genetik yang Pengaruhi Kesehatan Manusia Sampai Sekarang

“Arahan Pak Presiden sudah jelas, kemarin dan saya kira ini adalah perintah dari pimpinan tertinggi yang harus dilaksanakan. Selanjutnya adalah bagaimana dilaksanakan dengan baik di lapangan,” kata Sigit dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (19/10).

Selengkapnya baca di .

Kapolri instruksikan polisi siaga hadapi bencana hidrometeorologi

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajarannya untuk melakukan antisipasi dini dan siaga dalam menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi, seperti banjir, curah hujan tinggi, longsor, angin kencang, ataupun kekeringan di daerah.

Instruksi Kapolri tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor:STR/760/X/Ops.2./2022 yang ditandatangani Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Irjen Pol. Agung Setya atas nama Kapolri tertanggal 12 Oktober 2022.

Baca Juga  Gaji Besar Kok Tidak Punya Tabungan, Ini Penyebabnya

Selengkapnya baca di .

Polres Labuhanbatu gerebek kampung narkoba di Aek Kanopan

Tim gabungan Polres Labuhanbatu bersama unsur Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Labura menggerebek kampung narkoba di Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara.

“Petugas juga merobohkan 10 gubuk diduga sebagai tempat transaksi narkoba di sekitar Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu,” kata Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti, melalui Kasat Narkoba AKP Martualesi Sitepu, dalam keterangan tertulis yang diterima di Medan, Jumat (21/10).

Selengkapnya baca di .

Mahfud: Penggunaan gas air mata sebabkan 133 orang meninggal

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, gas air mata yang digunakan oleh aparat kepolisian menyebabkan 133 orang meninggal dunia dalam tragedi Kanjuruhan, Malang, pada Sabtu (1/10).

Baca Juga  20 Orang Tewas dalam Insiden Bus Terbalik di Kolombia

“Saya tidak peduli sekarang, seberapa besar kandungan kimia yang mematikan (dalam gas air mata), itu tidak penting karena bukan kimianya yang menyebabkan, tetapi penembakannya yang menyebabkan orang panik kemudian berdesak-desakan dan mati,” kata Mahfud saat mengomentari hasil survei LSI secara daring, Kamis (20/10).

Selengkapnya baca di .

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”