Media Inspirasi Masa Kini

Mengapa Anda Harus Non-Aktifkan Cruise Control ketika Berkendara di Jalan Basah?

harianlampung.co.id – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/01/29/Ay6TmsFs/cruise-control-1217.jpg”>

Kontrol pelayaran atau cruise control berfungsi menjaga kecepatan konstan ketika berkendara di jalanan kering. Tetapi ketika Anda berada di belakang kemudi pada saat badai atau ketika hujan turun, hindari untuk mengaktifkan cruise control Anda. Jika mobil terkena hydroplaning, kendali jelajah Anda bisa membuat berkendara di jalan basah menjadi lebih berbahaya.

Berkendara setelah hujan membuat mobil lebih rentan tergelincir

Cruise Control merupakan salah satu fitur berkendara yang sangat membantu, terutama pada perjalanan panjang. Namun selalu berhati-hati ketika Anda berada di jalanan basah atau di berkendara di bawah hujan. Jalanan basah berbahaya karena air hujan akan menyebabkan minyak naik ke atas air.

Baca Juga  4 Modifikasi Mobil Unik di Indonesia – Dari Batman Hingga Fast Furious

Hal ini akan menciptakan kondisi licin. Tetapi akan menjadi lebih buruk ketika ban Anda mengalami hydroplaning dan membuat mobil kehilangan kontrol, bahkan ketika hanya berkendara dengan kecepatan serendah 55 km/jam.

Kontrol pelayaran akan memperburuk hydroplaning dengan mencoba menjaga kendaraan Anda tetap pada kecepatan konstan. Anda dapat menonaktifkannya dengan menggunakan rem, tetapi jika Anda tidak memiliki rem anti-lock, kemudi mobil akan menjadi lebih buruk.

Mobil bisa tergelincir ketika Anda menggunakan cruise control

Memang, sebagian besar kendaraan modern memiliki sistem kontrol traksi untuk menghindari masalah ini terjadi. Beberapa kendaraan yang lebih tua tidak memiliki sistem jenis ini. Tetapi perlu dicatat bahwa sebagian besar mobil yang baru sudah memilikinya. Tetapi bahaya sistem cruise control berbeda-beda tergantung kendaraan.

Baca Juga  Daftar Museum Mobil Dunia yang Bisa Dikunjungi Secara Virtual

Dilansir dari Life Hacker, perlu dicatat bahwa meskipun mobil akan berusaha mempertahankan kecepatan saat Anda mengaktifkan cruise control, sistem tersebut tidak akan menyebabkan mobil melaju lebih cepat karena tidak ada traksi.

Nonaktifkan cruise control ketika berkendara di jalan basah

Karena itu, saat Anda berkendara di jalan basah atau melaju di bawah hujan, nonaktifkan kontrol pelayaran dan turunkan kecepatan Anda. Jika Anda mulai tergelincir atau mengalami ban slip, lepas kaki Anda dari gas, pegang kemudi dengan kedua tangan, dan putar ke arah slip. Setelah Anda memiliki kontrol, Anda dapat mengendalikan kembali mobil dan kembali ke jalur Anda.

Baca Juga  BP-AKR Resmikan 2 Gerai SPBU Baru di Bogor dan Rest Area Tol Paspro

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”