Media Inspirasi Masa Kini

Modifikasi Audio All New Suzuki Ertiga, Suara Lebih Berkualitas dengan 3 Alat Ini

harianlampung.co.id – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/03/25/ZXn5Pos1/modifikasi-audio-all-new-suzuki-ertiga-1-db9b.jpg”>

Satu dari beberapa item yang berbeda antara All New Suzuki Ertiga tipe GX dengan All New Ertiga Suzuki Sport adalah bagian headunit audio. Tentunya ini membuat kabin Ertiga Sport terlihat lebih mewah dari All New Ertiga tipe GX.

Seperti diketahui, All New Ertiga Suzuki Sport memang mengambil basis dari All New Ertiga tipe GX. Namun dengan DNA Suzuki Sport, untuk varian Ertiga Sport ini pakai beberapa aksesoris baik di eksterior maupun interior.

Jika Anda salah satu penikmat car audio dan kurang puas dengan headunit di All New Suzuki Ertiga, maka sebenarnya ada beberapa opsi untuk melakukan modifikasi. Berikut rekomendasi modifikasi audio All New Suzuki Ertiga yang berhasil tim Cintamobil.com rangkum.

1. Ganti Headunit

Pakai headunit 6 inci tidak perlu ganti frame

Modifikasi audio All New Suzuki Ertiga paling basic menurut Basuki dari Cah Ya Audio adalah mengganti headunit bawaan mobil dengan headunit aftermarket. “Sebaiknya pakai yang bermerek, jangan yang cuma menang banyak fitur tapi kualitasnya tidak terjamin,” ucap dia.

Baca Juga  Telat Bayar Pajak Kendaraan Lebih dari Setahun, Ini Perhitungan Dendanya

Lebih lanjut ia merekomendasikan untuk headunit di All New Ertiga bisa pakai headunit monitor layar sentuh ukuran 6 inci. Misalnya keluaran dari Pioneer dengan tipe AVH A215BT dengan ukuran layar 6,2 inci.

Selain mampu memutar cakram format CD, WAV, MP3, WMA, AAC, AVI, DivX, dan DVD, headunit ini juga sudah menyediakan kabel USB untuk mensinkronisasikan ponsel dengan headunit melalui bantuan fitur mirroring. “Tinggal sambungkan ponsel pakai kabel data bawaannya ke slot USB kabel dari monitor ini, langsung bisa mirroring semua isi ponsel ke monitor headunit,” lanjut Basuki.

Kemudian untuk mendapatkan tata suara yang lebih baik, headunit seharga Rp3,2 juta sudah berikut kabel dan instalasi ini juga dilengkapi fitur equalizer. Dibagian belakang headunit juga telah tersedia slot kabel RCA, slot untuk kabel kamera parkir, dan untuk slot kabel untuk OEM remote steering switch.

Baca Juga  BMW X4 LCI Meluncur Semakin Kekinian, Harga Rp 1,4 Miliar

2. Pasang Subwoofer Aktif

Cukup subwoofer 8 inci di bawah jok depan

Setelah ganti headunit, modifikasi audio All New Suzuki Ertiga berikutnya bisa memasang subwoofer aktif. “Pakai yang simpel saja, yang ukuran 8 inci lalu letakkan di kolong bangku depan,” lanjut Basuki yang juga installer audio dari Venom Fighter.

Untuk hal ini ia merekomendasikan basstube bermerek LM Audio dengan tipe LM-80S. Bentuknya berupa subwoofer aktif 8 inci dengan desain ringkas dan tipis yang memiliki frequency response 30Hz – 160Hz. Di workshop Cah Ya Audio yang berlokasi di MGK Kemayoran Lt.6, harga basstube ini Rp1,5 juta sudah berikut kabel dan instalasi.

3. Tambahkan Processor

Processor kecil tidak makan banyak ruang

Jika Anda punya dana lebih untuk melakukan modifikasi audio All New Suzuki Ertiga, maka bisa tambahakan processor eksternal. “Pakai Venom Pandora VPR 4.6 MKII saja, power amplifier built in processor. Kecil tapi bagus,” kata sang teknisi.

Baca Juga  Modifikasi BMW 518i 1976 Ini Sering Disangka M5 di Jalanan

Dengan alat ini maka suplai kebutuhan listrik untuk speaker dan subwoofer bisa lebih stabil dan merata. Hasilnya, keluaran suara jadi jauh lebih berkualitas dibandingkan tanpa processor.

Alat kecil dengan bentuk kotak hitam ini dihargai Rp4 juta. “Kabelnya sudah disediakan khusus untuk mobil Suzuki, jadi tinggal plug and play gak pakai potong kabel bawaan,” tukasnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”