Media Inspirasi Masa Kini

Sering Terlewat, Ini Pentingnya Mencuci Kolong Mobil

harianlampung.co.id – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/03/ZXn5Pos1/mencuci-kolong-mobil-2-ce5c.jpg”>

Mencuci mobil memang kegiatan yang mungkin dilakukan pada semua pemilik kendaraan. baik itu dengan mencuci mobil sendiri atau ke tempat-tempat pencucian mobil. Tujuannya cuma satu, agar mobil terlihat lebih bersih saat digunakan.

Terkadang Anda tidak betah jika bagian eksterior maupun interior mobil kotor. Mobil pun langsung dicuci saat habis terkena hujan atau melintas di jalan berdebu. Namun ada bagian yang sering luput kala mencuci mobil, yakni kolong mobil.

Ada bagian vital dari mobil yang letaknya di kolong

Baca Juga  Lebih Murah, Tapi Ada Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak

Mencuci kolong mobil ternyata begitu penting, karena ada bagian-bagian vital pada mobil yang diletakkan di kolong. Jika tidak dicuci, maka kemungkinan mobil mengalami kerusakan sangat besar.

Mengganggu Kinerja Mobil

Mencuci kolong mobil sering terlupakan oleh pemilik mobil. Padahal bagian ini juga wajib diperhatikan karena pastinya jadi tempat pertama kotoran menempel di kendaraan.

Disatu sisi, pada kolong mobil banyak terdapat komponen teknis yang sangat vital, seperti sistem suspensi, sistem kemudi, dan sistem pengereman. Belum lagi adanya sensor yang bisa terganggu kinerjanya kalau kotor. Misalnya sensor rem ABS yang kalau sampai malfungsi karena kotor akan membahayakan pengemudi di jalan.

Baca Juga  [INFOGRAFIK] Tips Berkendara dengan Aman di Bulan Puasa dari Cintamobil.com

Fungsi sensor-sensor bisa terganggu jika kolong mobil dibiarkan kotor

Kotoran yang hinggap juga akan mempercepat kerusakan komponen mekanis lantaran debu bisa menyusup ke celah atau sambungan antar komponen. Jika komponen ini sampai terganggu bisa membuat kendaraan Anda tidak nyaman dan aman untuk digunakan.

Yang tak kalah penting adalah potensi tumbuhnya karat, jika mencuci kolong mobil adalah hal yang paling jarang Anda lakukan, maka bagian ini akan menjadi lembab dan merupakan area yang sangat mendukung tumbuhnya karat.

Baca Juga  Ini Perbedaan Antara Timing Belt dan Timing Chain

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”