Media Inspirasi Masa Kini

Bagi Pengguna Transmisi Otomatis, Berikut Cara Gunakan Fitur Shift Lock Saat Parkir Paralel

harianlampung.co.id – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/03/ifxlHGF3/toyota-fortuner3-600x-770f.jpg”>

Permasalahan yang kerap ditemui ketika Anda sedang parkir adalah ketika Anda ingin segera pergi, namun terhalang dengan mobil yang sedang parkir paralel di depan Anda. Mobil tersebut ternyata tak mampu digerakkan lantaran roda terkunci akibat posisi transmisi otomatisnya di P (Parking). Kejadian di atas tentu sangat mengganggu bukan? Masalah tersebut kerap terjadi pada pemilik mobil yang tidak tahu bagaimana cara parkir paralel dengan transmisi otomatis.

Fitur shift lock pada transmisi otomatis berguna saat parkir paralel yang menghalangi jalan keluar mobil lain

Pada transmisi otomatis, kunci kontak baru bisa ditarik ketika tuas transmisi sudah diposisi P (Parking), lantaran sebagai tindakan pengamanan agar terhindar dari hal yang tak diinginkan ketika mobil sedang parkir. Nah, ketika ingin parkir paralel, Anda tak perlu khawatir. Karena, transmisi otomatis memiliki fitur shift lock, yang memungkinkan untuk terlebih dahulu memposisikan tuas transmisi pada N (Netral) sebelum meninggalkan mobil. “Sehingga roda tak akan terkunci dan mobil bisa digerakkan ketika ada pemilik mobil yang terhalang akan keluar atau dalam keadaan darurat,” sahut Bintarto Agung, President Director Indonesia Defensive Driving Center (IDDC).

Baca Juga  Jalin Rangkaian Estafet Peduli Bumi, Asuransi Astra Gelar Kegiatan Peduli Lingkungan dan Pendidikan Vokasi

Untuk mengakitfkannya, Anda cukup menekan tombol shift lock dan pindahkan tuas transmisi ke mode ‘N’

Cara mengoperasikan fitur shift lock ini pun mudah, lantaran berupa tombol kecil yang ada di samping tuas transmisi. Ketika posisi mobil sudah dirasa ideal ketika parkir, letakkan tuas transmisi pada posisi P dan matikan mesin. Setelah kunci kontak sudah dicabut, Anda hanya perlu menekan tombol shift lock, sambil memindahkan tuas ke posisi N. setelah itu, Anda pun bisa mengunci pintu dan meninggalkan mobil. Namun harap diingat, jangan lupa untuk tidak menarik atau mengaktifkan tuas rem tangan/parkir, karena jika rem parkir/tangan ditarik atau diaktifkan maka akan sia-sia karena roda akan tetap mengunci.

Baca Juga  Tips Merawat Ban Mobil agar Tetap Prima Selama WFH

Di beberapa mobil, untuk mengakitfkan fitur shift lock memerlukan bantuan anak kunci

Ketika Anda selesai beraktivitas dan ingin melanjutkan perjalanan, cukup dengan menekan tombol shift lock sambil memindahkan tuas transmisi pada posisi P. setelah itu, Anda pun bisa menghidupkan mobil dan memulai perjalanan. Oiya, jangan lupa untuk selalu berikan celah/ruang yang cukup ketika parkir paralel, agar memudahkan pemilik mobil lainnya ketika harus menggeser atau mendorong mobil Anda. Mudah bukan?

Baca Juga  Penting! Guna Tutup Pentil Ban Pada Mobil Anda

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”