Media Inspirasi Masa Kini

Lakukan 3 Hal Ini untuk Merawat Kaca Jendela Mobil Anda

harianlampung.co.id – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/08/ZXn5Pos1/merawat-kaca-jendela-mobil-1-806b.jpg”>

Jendela menjadi komponen mobil yang terkadang kurang mendapat perhatian dibanding bagian mesin. Padahal merawat kaca jendela mobil akan menjaga kinerja komponen tersebut tetap baik untuk digunakan.

Kaca jendela mobil tidak kalah pentingnya dibanding komponen lain pada mobil. Bagian ini berfungsi menjaga agar angin, debu, atau kotoran tidak masuk ke ruang kabin mobil. Selain itu, ketika hujan turun, jendela juga akan mencegah air masuk dan membasahi interior mobil.

Lalu bagaimana cara merawat kaca jendela mobil? Berikut tips ringan dari tim Cintamobil.com

1. Bersihkan Jalur Kaca

Jalur bersih, kaca mudah naik turun

Baca Juga  Tips Merawat Ban Mobil agar Tetap Prima Selama WFH

Salah satu bagian kaca jendela mobil yang harus dijaga kebersihannya adalah bagian jalur kaca. Anda tentu tidak ingin bukan kaca jendela sulit dinaik turunkan karena jalur kaca tersumbat kotoran atau debu?

Untuk membersihkan bagian ini sebaiknya gunakan shampo yang dilumurkan pada kaca jendela mobil. Kemudian naik turunkan kaca jendela sampai shampo merata. Tapi perlu diingat, gunakan shampo khusus mobil ya agar tak merusak komponen mobil lainnya.

2. Rawat Motor Power Window

Motor power window punya tugas penting bagi kaca jendela

Motor power window berfungsi untuk menggerakkan regulator kaca sehingga kaca bisa naik turun hanya dengan menekan tombol. Sebaiknya Anda rutin mengecek kerusakan motor power window dengan mendengarkan suara motor tersebut. Bila tidak ada suara motor ketika tombol power window ditekan, artinya motor rusak. Segeralah ganti jika memang motor power window rusak.

Baca Juga  Mazda Jadi Official Car Kompetisi Marathon International di Bali

3. Rawat Regulator Power Window

Selalu cek gerigi regulator power window

Regulator power window adalah penghubung antara motor dan kaca jendela mobil. Regulator ini tipenya bergerigi dan kabel. Kerusakan regulator bertipe gerigi karena gerigi sudah tipis dan bentuknya tidak seperti semula, sedangkan kerusakan regulator kabel karena kabelnya getas atau putus.

Baca Juga  Ragam Diskon Karpet Mobil di Pameran GIIAS 2019

Sebaiknya Anda rutin melakukan pengecekan komponen ini saat merawat kaca jendela mobil. Jika ditemui gerigi sudah tipis atau tanggal, dan kabelya putus, langkah perbaikan regulator power window adalah dengan mengganti komponen yang baru.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”