Media Inspirasi Masa Kini

Cek Perbedaan New Daihatsu Sirion dengan Perodua Myvi di Negeri Jiran

harianlampung.co.id – JAKARTA – Astra Daihatsu Motor (ADM) mengimpor New Sirion dari Negeri Jiran. Ia bertugas untuk menggarap market city car di level small hatchback. Serupa namun tak sama, kalau disandingkan dengan Perodua Myvi. Banyak sekali perbedaan. Yang pasti, harga di sini lebih mahal. Bahkan perangkat keamanan saja tidak selengkap di sana. Tanpa Advanced Safety Assist (ASA). Mari temukan detail diferensiasi keduanya.

Apa saja perbedaan antara New Daihatsu Sirion dengan Perodua Myvi?

Berapa harga varian tertinggi New Daihatsu Sirion R CVT?

Varian tertinggi, Daihatsu Sirion R CVT dilepas Rp 236,8 juta on the road Jakarta. Belum berbekal Advanced Safety Assist. Sedangkan Perodua Myvi 1.5L AV with ASA sebagai kasta paling komplet malah dijual lebih murah. Yakni RM58,800 atau sekitar Rp195,5 juta. Jauh sekali bukan, kaceknya. Entah karena impor atau sistem perpajakan antarnegara beda.

Baca Juga  Kondisi Like New, Yuk Intip Harga Wuling Almaz Bekas

Dari tampilan, grille dan bumper Sirion dan Myvi sama. Yang berbeda hanya pada logo di tengah kisi-kisi. Terus produk di Indonesia tidak memiliki foglamp LED vertikal seperti di Malaysia. Sisanya bentuk bodi, side skirt dan buritan kembar. Lanjut ke bagian performa. Daihatsu hanya menawarkan enjin 1,3 liter saja. Tenaga dihasilkan naik menjadi 95 PS di 6.000 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.200 rpm. Penyaluran menggunakan transmisi baru, D-CVT supaya distribusi tenaga terasa halus. Tak ada opsi manual.

Sedangkan Perodua Myvi punya pilihan mesin 1,3 liter dan 1,5 liter (103 PS di 6.000 rpm serta torsi 137 Nm pada 4.200 rpm). Opsi penyaluran daya pakai D-CVT serta pilihan girboks manual 5-speed. Klaim catatan konsumsi bahan bakar mirip. Berdasar pengetesan Astra Daihatsu Motor, New Sirion minum bensin antara 20 km/liter hingga 21 km/liter. Kalau konsumsi Perodua 21,1 km/liter. Ini catatan dari pabrikan.

Baca Juga  Cek Kondisi 4 Bagian Hal Agar Kendaraan Anda Siap Menghadapi Musim Hujan

Tapi mengenai kelengkapan fitur, jauh berbeda. Daihatsu Sirion sayang sekali tidak dibekali Advanced Safety Assist (ASA). Atau kalau di Negeri Jiran disebut sebagai Perodua Smart Drive Assist. Isinya meliputi: autonomous emergency braking, pedal misoperation control, lane departure warning, lane departure prevention, adaptive cruise control, rear cross traffic alert, auto high beam & front departure alert. ADM berdalih, ceruk pasar masih kecil, sehingga kalau ditambah ASA, harga bisa terkerek Rp10 jutaan.

Untuk diketahui New Sirion mengusung konsep Stylish, Fun to Drive, dan Comfort. Makanya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membuat mobil kompak ini memiliki rangkaian fitur dan teknologi yang semakin kekinian dan sesui dengan kebutuhan gaya hidup berkendara kalangan muda.

Baca Juga  Kumpulan Gaya Modifikasi Honda BeAt Terbaru

“Ada tiga hal yang diperhatikan millennials dalam membeli kendaraan: stylish, fun to drive, dan comfort. Oleh karena itu, Daihatsu menghadirkan New Sirion dengan tampilan sporty, didukung beragam fitur kekinian yang sesuai dengan kebutuhan para generasi muda dalam mendukung aktivitasnya sesuai dengan tagline-nya #SahabatMuda,” ujar Dendy Triyanto, Executive Coordinator Head of Product I Department PT Astra Daihatsu Motor. (ANJAR LEKSANA/EK)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”