Media Inspirasi Masa Kini

Mobil Listrik Mungil Tanpa Nama Berkeliaran di Jakarta, Diduga Kuat DFSK Mini EV

harianlampung.co.id – JAKARTA – Pasar otomotif Indonesia belakangan diramaikan oleh hadirnya kendaraan listrik murni dari berbagai segmen dan merek. Salah satu yang paling baru adalah hadirnya sebuah mobil listrik kompak dan kedapatan tengah berkeliaran di sekitaran Jakarta menggunakan plat B. Diyakini adalah mobil listrik dari salah satu pabrikan Cina.

Kendaraan tersebut diunggah oleh akun instagram @hafidzzul15 dengan caption “Mobil setir kiri nih?? Mobil apean yak?,” yang langsung direspons oleh komentar dan diduga adalah DFSK. Dari beberapa komentar ada yang menduga kendaraan listrik tersebut merupakan DFSK Fenguang MINI EV yang sudah dipasarkan di Cina.

Berdasarkan penelusuran kami, kendaraan tersebut memang mirip dengan DFSK Fengguang Mini EV yang diluncurkan di Tiongkok dan bersaing dengan Chery QQ Ice Cream dan Wuling Hongguang MINI EV. DFSK di Indonesia memang diketahui sudah memulai memperkenalkan sejumlah kendaraan listrik mulai dari Gelora E yang mengisi segmen kendaraan komersial dan Ceres yang mengisi segmen crossover. Sementara DFSK Fengguang Mini EV yang mengisi segmen kompak ini memiliki bekal motor listrik tunggal bertenaga 34 hp dan di Cina mobil tersebut dibanderol dengan harga kisaran Rp 74 Jutaan.

Baca Juga  Membawa Barang di Atap Mobil, Perubahan Aerodinamika Berujung Pemborosan

Secara dimensi Fengguang Mini EV memiliki panjang 2.995 mm, lebar 1.495 mm dan tinggi 1.640 mm dan jarak sumbu roda 1.960 mm. Kendaraan berkelir biru muda tersebut memiliki desain eksterior yang terlihat simple namun tetap modern. Mulai dari fascia depan yang menggunakan aksen hitam dengan lampu utama berukuran besar, serta spion yang menggunakan sentuhan hitam. Selain itu, velgnya pun memiliki desain yang dinamis dengan kelir two tone hitam dan silver.

Baca Juga  FIRST DRIVE: Hyundai Creta 2022 Produksi Indonesia, Punya Potensi Besar

Hingga saat ini belum ada respons dari PT Sokonindo Automobile mengenai hadirnya kendaraan listrik yang diduga DFSK FenGguang ini di Indonesia. Pasalnya pada unggahan foto, sejumlah bagian seperti emblem dan nama modelnya terlihat ditutup namun bodinya tidak menggunakan selubung maupun kamuflase. Jika kendaraan ini akan dipasarkan di Indonesia maka DFSK Fengguang Mini EV ini akan berkompetisi langsung bersama Wuling Mini EV yang baru akan diluncurkan pada pertengahan 2022.

Kendaraan listrik yang sudah resmi dipasarkan oleh PT Sokoindo Automobile di Tanah Air adalah Gelora E dengan ditenagai oleh baterai berkapasitas 42 kWh yang memiliki daya jelajah hingga 300 km. Baterai lithium-ion tersebut juga mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 80 hp dengan torsi puncak yang mencapai 200 Nm. DFSK Gelora E sendiri termasuk salah satu kendaraan listrik paling terjangkau dengan banderol sekitar Rp 480 jutaan.(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga  Lampu Rem Berwarna Merah dan Kuning, Ternyata Ada Manfaat Penting Dibaliknya

Sumber: @hafidzzul15

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”