Media Inspirasi Masa Kini

Mobil ‘Batman’ Listrik Ini Pecahkan Rekor Tercepat di Goodwood Festival of Speed

harianlampung.co.id – GOODWOOD – Mobil listrik kembali memecahkan rekor tercepat di sirkuit, kali ini di Goodwood Festival of Speed, akhir pekan lalu. Mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh mobil listrik juga, McMurtry Speirling kini resmi menjadi pemegang rekor terbaru. Bersama Max Chilton mobil yang wujudnya mirip Batmobile alias mobil Batman ini memecahkan rekor tercepat.

McMurtry Speirling memecahkan rekor saat berlangsungnya sesi shootout final di hari Minggu (26/6/2022) lalu. Catatan waktu yang diperoleh bahkan tidak sampai 40 detik, tepatnya 39,08 detik saja. Trek menaiki bukit sepanjang 1,87 kilometer di Goodwood bisa dilahap oleh mobil ini dengan sekejap, berkat performa luar biasa dari sistem motor listrik dan aerodinamikanya.

Dengan waktu 39,08 detik, mobil buatan perusahaan startup asal Inggris ini menaklukkan rekor sebelumnya dipecahkan pada tahun 2019 oleh mobil listrik Volkswagen ID.R yang dipacu oleh Loic Duval. Itu juga adalah pemecahan rekor baru yang sebelumnya dipegang oleh mobil F1 McLaren-Mercedes MP4-13 bersama Nick Heidfeld yang bertahan selama 20 tahun, dengan waktu 41,6 detik.

Baca Juga  Lakukan 3 Hal Ini untuk Merawat Kaca Jendela Mobil Anda

Mobil listrik yang punya desain dan dimensi kompak ini mengandalkan dua unit motor listrik yang menggerakkan roda belakang. Speirling punya rasio power-to-weight 1.000 hp per ton menurut klaim McMurtry. Bobot keseluruhan mobil ini juga tidak sampai 1.000 kilogram. Artinya rasio antara performa dan bobot mobil ini hampir seimbang 1:1.

Bukan hanya itu, inovasi dari McMurtry yang diadopsi ke Speirling adalah memasang kipas angin di bagian belakang untuk menciptakan downforce hingga 2.000 kilogram di kecepatan berapapun. Makanya tak heran Speirling bisa melekat di aspal saat dipakai melaju kencang. Inovasi ini seperti yang pernah Gordon Murray lakukan pada mobil F1 Brabham BT46 di tahun 1978, yang kemudian dibawa ke supercar Gordon Murray T.50 pada tahun 2020.

Baca Juga  Telat Bayar Pajak Kendaraan Lebih dari Setahun, Ini Perhitungan Dendanya

McMurtry Speirling dirancang sebagai sebuah prototipe eksperimental, yang artinya bukan mobil yang road legal. Desainnya menyerupai mobil balap endurance dengan dimensi yang jauh lebih menyusut. Kokpit hanya bisa diisi oleh satu orang, dengan dibagian belakang atapnya terpasang shark fin sebagai perangkat pendukung aerodinamika. Tidak seperti versi awal yang diperkenalkan setahun sebelumnya, Speirling yang tampil di Goodwood sudah dilengkapi sayap belakang besar.

Desain streamline dan beberapa perangkat aerodinamika yang bersudut tajam yang membuatnya dijuluki sebagai “Baby EV Batmobile”. Velgnya sendiri juga didesain aerodinamis, yang mayoritas tertutup palangnya untuk meminimalisir hambatan angin saat melaju.

Baca Juga  Tip Mengusir Tikus yang Bersarang di Kap Mobil

Tanda-tanda McMurtry akan menjadi pemegang rekor baru sudah terlihat pada hari Jumat. Chilton langsung menorehkan waktu yang mencuri perhatian saat percobaan pertama. Lalu pada hari berikutnya chilton absen yang digantikan oleh Alex Summers, dengan catatan waktu yang identik. Kemudian pada hari pamungkas, Chilton yang pernah membalap di F1 mempertajam waktunya dan memecahkan rekor baru.(WAHYU HARIANTONO)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”