Media Inspirasi Masa Kini

YouTube Rilis Fitur Baru, Video Bisa Di-zoom Sampai Detail

harianlampung.co.id – YouTube resmi meluncurkan fitur pinch-to- zoom versi baru untuk aplikasi YouTube di Android dan iOS, Senin (24/10/2022).

Fitur ini memungkinkan pengguna memperbesar konten video (zoom in) sehingga dapat melihat objek lebih detail.

Kehadiran fitur pinch-to-zoom versi baru ini diumumkan oleh UX Director YouTube, Nate Koechley, melalui sebuah unggahan di blog resmi YouTube.

YouTube sendiri sebenarnya sudah memiliki fitur fitur pinch-to-zoom sejak 2017. Fitur tersebut ketika itu hadir di ponsel yang memiliki layar dengan aspect ratio lebih besar dari 16:9.

Fitur pinch-to-zoom versi 2017 itu memungkinkan pengguna dengan ponsel layar lebar untuk memperbesar konten video dalam mode full screen dengan gerakan seperti mencubit ke arah luar.

Namun, pengguna hanya bisa memperbesar gambar video maksimal sesuai dengan aspect ratio layar ponsel miliknya.

Baca Juga  Google Kenalkan Chromebook Khusus Gaming

Misalnya, KompasTekno menggunakan ponsel Samsung Galaxy A73 dengan layar 20:9. Maka, video yang disaksikan bisa diperbesar sampai 20:9 saja. Ilustrasi di bawah ini bisa menjadi gambaran.

Zoom YouTube versi baru bisa lebih besar dan detail

Nah, saat ini kebanyakan ponsel sudah memiliki layar dengan aspect ratio di atas 16:9, misalnya seperti 18:9, 19:9, 19,5:9, serta 20:9.

Karena itulah, setelah lima tahun, YouTube pun memperkaya pengalaman menonton pengguna dengan fitur pinch-to-zoom versi baru pada 2022 ini.

Fitur pinch-to-zoom versi baru memungkinkan pengguna memperbesar (zoom in) konten video dengan bebas bahkan hingga ke titik maksimal, tidak hanya mentok di rasio aspek bawaan layar.

Pengguna cukup melakukan gerakan seperti mencubit ke arah luar pada bagian video yang ingin diperbesar.

Sesuaikan tingkatan zoom yang diinginkan pengguna. Pengguna juga bisa menggeser zoom ke seluruh bagian video.

Selain itu, pengguna tidak perlu terus-terusan mengusap layar untuk menahan fokus zoom.

Sebab, video akan tetap berada dalam format zoom in hingga pengguna melakukan zoom in secara manual.

Dengan demikian, penonton bisa memperbesar layar untuk melihat detail video dengan lebih jelas, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog YouTube, Selasa (25/10/2022).

Pantauan KompasTekno, Selasa pagi, fitur pinch-to-zoom versi baru ini belum tersedia di aplikasi YouTube versi 17.42.33 di ponsel Android.

Sebab, hingga berita ini ditulis, kami hanya bisa melakukan perbesaran konten video hingga mentok ke aspek rasio layar saja, yakni 20:9, tidak bisa hingga ke bagian detail video.

YouTube memastikan bahwa fitur pinch-to-zoom versi baru akan digelontorkan secara bertahap ke seluruh pengguna dalam beberapa minggu ke depan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”