Media Inspirasi Masa Kini

Konsumsi BBM All New Ertiga Hybrid Capai 22,11 km/liter Dalam Pengujian

harianlampung.co.id – JAKARTA – Setelah meluncurkan All New Ertiga Hybrid pada Juni 2020 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales menggelar kegiatan test drive dengan tema uji efisiensi konsumsi bahan bakar. Pada kesempatan tersebut, PT SIS melibatkan sejumlah wartawan nasional dengan rute Surabaya – Malang yang berjarak 140 km.

Berapa konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid terbaru dari hasil pengujian?

Apa saja fitur-fitur yang menonjol di All New Ertiga Hybrid?

Dari kegiatan itu, Suzuki Ertiga Hybrid teranyar mampu mencatatkan konsumsi bahan bakar rata-rata 22,11 km/liter untuk varian bertransmisi manual, dan varian bertransimisi otomatis memiliki konsumsi bahan bakar yang mencapai 19,66 km/liter.

Metode pengukurannya sendiri menggunakan teknik full to full yang dimulai dengan tangki BBM penuh dan diakhiri dengan mengisi hingga penuh untuk dilihat selisih penggunaannya. Seluruh kendaraan yang ikut dalam kegiatan tersebut menggunakan bahan bakar dengan RON98 dan tangki bensin yang disegel. Para pengendara juga memiliki cara berkendara yang variatif dengan kecepatan mobil yang berada di rentang 60 – 80 km/jam saat berada di jalan bebas hambatan.

Baca Juga  PEVS 2022 Akan Sajikan Edukasi Kendaraan Listrik Ke Masyarakat

Selain itu, para peserta juga bebas untuk mengeksplorasi fitur-fitur yang tersedia di All New Ertiga Hybrid seperti Engine Auto Start-Stop, Cruise Control yang cocok digunakan di jalan tol. Tersedia pula Hill Hold Control (HCC) untuk menahan kendaraan agar tetap aman saat di tanjakan serta Electronic Stability Program (ESP).

“Bersama rekan-rekan jurnalis, kita menyaksikan langsung seberapa efisien konsumsi bahan bakar All New Ertiga Hybrid. Malang dan Surabaya memang merupakan tempat yang cocok untuk menguji kinerja All New Ertiga Hybrid karena rute ini memiliki berbagai kondisi yang menantang, seperti jalan yang naik- turun dan ruas jalan yang macet. Kami harap hasil uji efisiensi bahan bakar All New Ertiga Hybrid ini dapat memberikan informasi yang realistis dan kredibel kepada masyarakat yang sedang mencari kendaraan yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan,” kata Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Baca Juga  IIMS 2022: Tiga Lembaga Pembiayaan Tawarkan Promo Istimewa Selama Pameran

Sementara itu, hasil dari pengujian konsumsi bahan bakar pada All New Ertiga Hybrid ini memiliki hasil akhir yang berbeda- beda tergantung pada banyak faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi ialah kebiasaan berkendara, bobot penghuni kabin dan kondisi jalan atau lalu lintas. Selain itu, terdapat sejumlah faktor lain misalnya pemakaian kelistrikan seperti audio, lampu, atau AC juga turut mempengaruhi beban kerja mesin yang berimbas pada konsumsi bahan bakar.

Pada generasi terbaru Ertiga ini, Suzuki menyematkan teknologi baru yakni Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium Ion Battery yang dipadukan dengan mesin KB15 4-silinder 1.4-liter. Secara teknis, ISG yang berfungsi sebagai motor dan generator akan menangkap dan menyimpan energi listrik ke Lithium-Ion Battery. Kemudian energi listrik tersebut dialirkan ke sejumlah komponen kelistrikan mobil agar tetap menyala saat mobil dalam posisi berhenti sehingga tidak membebani kerja mesin konvensional. Sementara itu, mesin 4-silinder 1.4-liter tersebut hanya bertugas untuk menggerakan kendaraan dengan kemampuan tenaga hingga 102 hp dengan torsi puncak yang mencapai 138 Nm.

Baca Juga  Jangan Sembarang Pakai, Inilah Tips Berkendara dan Perawatan Transmisi CVT

PT Suzuki Indomobil Sales menghadirkan empat pilihan varian yang terdiri dari All New Ertiga Hybrid GX-MT dengan banderol Rp 270,3 Juta dan varian teratasnya diisi oleh All New Ertiga Hybrid SS-AT dengan banderol Rp 292,3 Juta. (ALVANDO NOYA/EK)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”