Media Inspirasi Masa Kini
News  

Rishi Sunak Jadi Perdana Menteri Inggris Pertama dari Keturunan India

harianlampung.co.id – Rishi Sunak bakal menjadi Perdana Menteri Inggris setelah pesaingnya mundur. Dia bakal menjadi Perdana Menteri Inggris pertama yang berasal dari keturunan Asia, tepatnya India.

Dilansir dari BBC, Senin (24/10/2022), Sunak setidaknya mencatat sejumlah rekor baru saat dirinya menduduki jabatan PM Inggris pada usia 42 tahun.

Selain PM Inggris pertama keturunan India, Sunak juga menjadi PM Inggris termuda sejak 1812. Dia juga menjadi anggota parlemen tercepat yang menjadi PM Inggris, yakni dalam 7 tahun.

Baca Juga  Berinvestasi di Paper Asset atau Portfolio Asset?

Sementara dilansir Reuters, Sunak merupakan mantan Menteri Keuangan. Dia menjadi Perdana Menteri ketiga Inggris dalam waktu kurang dari dua bulan. Dia bertugas memulihkan stabilitas negara yang terguncang akibat gejolak politik dan ekonomi selama bertahun-tahun.

Sunak menjadi perhatian nasional ketika, pada usia 39, menjadi Menteri Keuangan di bawah Johnson tepat ketika pandemi COVID-19 melanda Inggris. Dia mengembangkan skema cuti yang berhasil.

Baca Juga  Soal Pemulangan WNI Salah Tembak di AS, Kemenlu: Belum Ada Tanggal Pasti, Dipercepat Prosesnya

Keluarga Sunak bermigrasi ke Inggris pada 1960-an, periode ketika banyak orang dari bekas jajahan Inggris pindah ke negara itu untuk membantunya membangun kembali setelah Perang Dunia Kedua.

Setelah lulus dari Universitas Oxford, dia pergi ke Universitas Stanford di mana dia bertemu dengan istrinya Akshata Murthy, yang ayahnya adalah miliarder India NR Narayana Murthy, pendiri raksasa outsourcing Infosys Ltd.

Baca Juga  Lirik Lagu Tell Me I'm Wrong - Reality Club Beserta Terjemahannya

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”