Media Inspirasi Masa Kini

Gak Usah ke Bengkel, Yuk Bersihkan Filter AC Mobil Sendiri

harianlampung.co.id

Beberapa hari belakangan ini kondisi cuaca khususnya di Ibukota terasa sangat panas. Jika Anda berpergian menggunakan mobil, tentunya peranan AC mobil sangat dibutuhkan agar perjalanan menjadi lebih nyaman.

Pastinya Anda tidak mau bukan, saat harus ke kantor menggunakan mobil, tiba-tiba AC mobil terasa tidak dingin. Hanya hembusan angin yang keluar dari kisi-kisi AC mobil Anda. Mungkin ini akibat kondisi filter AC yang terlalu kotor.

Filter memang bertugas untuk menyaring udara dari luar dan membuat membuat hembusan udara dingin dari AC mobil. Bentuk komponen ini yang berongga menyebabkan banyak kotoran atau debu yang menumpuk di komponen tersebut. Kotoran yang menumpuk inilah pada akhirnya akan menyumbat kinerja AC.

Baca Juga  Awas! Ini 3 Dampak Mobil Jika Dipaksa Pakai Oktan Rendah

Untuk bersihkan filter AC mobil sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa melakukan ini sendiri dirumah saat watu lenggang, misalnya ketika libur di akhir pekan. Yuk ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Matikan Mesin

Pastikan kondisi mesin mobil mati dan kunci kontak dicabut

Langkah pertama untuk bersihkan filter AC mobil adalah memastikan mesin mobil mati, dan kunci kontak dicabut. Hal ini untuk mencegah resiko timbulnya konsleting karena saat membersihkan filter AC ada beberapa bagian mobil yang harus dibongkar.

2. Buka Laci Dasbor

Letak filter AC biasanya ada di balik dasbor

Baca Juga  Agar Tetap Aman, Inilah Tiga Cara Mengoptimalkan Transmisi Otomatis di Jalanan Menanjak Atau Menurun

Letak filter atau saringan AC biasanya berada di bawah dasbor mobil, untuk membukanya, Anda terlebih dulu harus membuka laci mobil. Namun terkadang pada beberapa mobil, posisi filter AC ada dibagian lain. Untuk itu, sebaiknya Anda membaca lebih dulu buku panduan mobil Anda tentang letak filter AC mobil Anda.

3. Bersihkan dengan Hati-hati

Kondisi filter AC yang kotor dan yang bersih

Jika letak filter sudah diketahui, selanjutnya dalah mengeluarkan komponen tersebut untuk dibersihkan. Sebaiknya Anda menggunakan kompresor angin untuk melepaskan debu dan kotoran yang ada di saringan AC.

Baca Juga  Dua Layanan Auto2000 Bikin Tenang Gunakan Mobil Toyota Setelah Mudik

Jika tidak ada, bisa gunakan sikat gigi bekas dengan bulu sikat yang lembut. Pastikan Anda berhati-hati saat bersihkan filter AC mobil. Jangan sampai serat-serat di komponen ini robek. Jika kotoran sudah sangat sulit untuk dibersihkan, sebaiknya ganti dengan filter yang baru.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”