Media Inspirasi Masa Kini

Ketahui 5 Tanda Oli Gardan Mobil Harus Diganti

harianlampung.co.id – JAKARTA – Demi menjaga kendaraan selalu dalam kondisi yang prima kita harus selalu memperhatikan sejumlah komponen yang ada di dalamnya. Salah satu bagian yang tidak kalah penting adalah gardan mobil. Bagiaan ini juga harus diperhatikan pergantian olinya secara berkala.

Apa ciri-ciri oli gardan mobil harus dilakukan penggantian?

Apakah perubahan warna oli gardan juga termasuk ciri-ciri oli harus diganti?

Pelumas yang digunakan pada bagian transmisi otomatis mobil ini berfungsi untuk menjaga komponen yang saling bergesekan di dalam agar tetap terawat dan dapat bekerja secara maksimal.

Meski penggantian oli gardan tidak sesering seperti oli mesin namun pemilik kendaraan perlu memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan. Karena jika tidak diganti secara berkala, kondisi transmisi akan cepat aus dan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih luas lagi.

Lantas bagaimana ciri-ciri yang perlu diperhatikan jika ingin mengganti oli gardan?

Baca Juga  Ragam Keuntungan Layanan Lelang Kendaraan Bermotor

1. Getaran kencang pada mobil

Mobil yang tidak melakukan penggantian oli gardan di waktu yang telah ditentukan akan menghasilkan getaran-getaran yang cukup kencang saat berjalan. Getaran akan terasa lebih kencang saat kendaraan berbelok atau melakukan akselerasi di jalan raya. Jika pengendara sudah merasakan kondisi ini, disarankan melakukan penggantian oli gardan secepatnya di bengkel sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

2. Aroma terbakar pada gardan mobil

Selain getaran, Anda juga bisa mengidentifikasi oli gardan yang perlu diganti dari aroma terbakar yang tercium ke dalam kabin. Biasanya aroma tidak sedap ini bisa dideteksi ke arah gearbox atau transmisi yang diakibatkan terlalu panas karena kurangnya pelumas di dalam ruang transmisi. Atau, oli yang digunakan sudah kadaluarsa, sehingga memicu bau tidak sedap yang menyerupai aroma terbakar.

3. Suara berisik pada mobil

Pengendara atau pemilik mobil juga bisa mendeteksi kondisi transmisi atau oli gardan dari suara berisik saat kendaraan melaju di jalan raya. Suara tersebut disebabkan oleh sejumlah komponen di bagian gardan yang saling bergesekan tanda adanya pelumas atau kurang oli. Jika tidak segera diganti, suaranya akan semakin kencang dan mengganggu sehingga bisa menyebabkan kerusakan yang lebih serius.

Baca Juga  Ada Aturannya, Jangan Jadi Lane Hogger di Jalan Tol!

4. Roda mobil sulit dikendalikan

Ketika Anda berkendara dan merasakan roda sulit dikendalikan saat berbelok maupun bermanuver kemungkinan besar sumbernya dari sistem gardan yang kurang diperhatikan. Jika volume oli masih cukup dan dalam kondisi yang baik, gardan seharusnya bisa mengendalikan kecepatan perputaran roda. Tetapi, jika kualitas oli gardan sudah kotor atau habis, maka kecepatan perputaran roda pun akan terganggu.

5. Warna oli berubah

Perhatikan juga warna oli yang sudah berubah dengan menggunakan dipstick atau melihat lebih dekat sampel oli yang sudah digunakan. Jika ada perubahan pastikan segera melakukan penggantian oli garden. Oli yang sudah harus diganti akan berwarna abu-abu metalik dan agak gelap. Perhatikan juga apakah tekstur oli tersebut masih kental atau sudah encer. Jika oli tampak encer, bisa saja menjadi tanda bahwa oli gardan sudah harus diganti.

Baca Juga  Mau Tahu Harga Xpander Si Pendobrak Pasar LMPV?

Anda bingung cari bengkel? Saat ini sudah banyak bengkel dan layanan bengkel yang bersinergi dengan perusahaan asuransi Lifepal. Perusahaan tersebut telah bermitra dengan sejumlah bengkel kendaraan yang sesuai dengan standar pabrikan. (ALVANDO NOYA/EK)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”