Media Inspirasi Masa Kini

Mengenal Teknologi ESC di Mobil

harianlampung.co.id

Beberapa fitur keselamatan aktif pada mobil-mobil produksi saat ini adalah ESC (Electronic Stability Control). Fitur ini berkaitan dengan teknologi pada sistem kaki-kaki kendaraan, yang bisa membuat pengemudi lebih aman dan nyaman selama berkendara.

Teknologi ESC diterapkan pada mobil untuk membantu pengendara saat melintas di jalan yang licin. Misalnya ketika hujan, bersaju, atau berbelok di jalan yang permukaan aspalnya cukup licin.

Baca Juga  Hati-hati, Tempat Ini Rawan Karat di Mobil

Cara Kerja ESC

ESC akan membantu mobil agar tidak kehilangan kontrol ketika menikung

Sistem pintar pada mobil ini akan meminimalisir gejala ban mobil selip dan membuat pengendalian pengemudi jadi berantakan. Dengan chip khusus, sistem akan mendeteksi ketika mobil kehilangan kontrol.

Apabila mobil kehilangan kontrol, misalnya saat menikung pada permukaan jalan yang licin, maka sensor akan memerintahkan membantu kinerja rem untuk mengendalikan laju mobil. Dengan demikian kinerja rem akan lebih optimal untuk mencegah terjadinya oversteer atau understeer.

Baca Juga  Modifikasi Honda Freed Proper Cita Rasa Hybrid Jepang

Indikator ESC adalah keberadaan logo ini di dasbor

Dengan keberadaan teknologi ESC, maka pengemudi tidak akan merasakan mobil “ngebuang” berlebihan ketika menikung. dan biasanya keberadaan teknologi ini ditandai dengan tombol berlogo mobil yang sedang berkendara di jalan berkelok.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga  Mobil Injeksi Boros BBM, Ini Salah Satu Penyebabnya!