Media Inspirasi Masa Kini

Jangan Panik, Berikut Tips Lewati Jalan Sempit Saat Mengemudi

harianlampung.co.id

Biasanya, kesulitan ketika mengemudi justru muncul ketika Anda melalui jalan kecil di pedesaan maupun gang sempit. Jalan berlubang dan dipenuhi kerikil, banyaknya anak-anak yang bermain di sepanjang gang, dan masalah-masalah lainnya tentu tak luput dari tipe jalanan ini.

Agar Anda tak menemui hambatan yang berarti ketika berkendara di jalan kecil maupun gang sempit, Anda harus mengetahui tips lewati jalan sempit terlebih dahulu. Tak perlu mencari di tempat lain, berikut merupakan tips mengemudi di jalan kecil maupun gang sempit yang harus diketahui.

1. Kurangi Kecepatan

Kurangi kecepatan saat melintas jalan sempit

Langkah pertama ialah atur kecepatan berkendara Anda. Kecepatan berkendara juga menjadi hal penting saat bertemu dengan jalanan sempit. Jangan pernah memaksakan kendaraan untuk berkendara dengan cepat, karena situasi tak terduga bisa saja muncul. Seperti anak kecil yang tiba-tiba keluar rumah atau gang, bisa mengakibatkan kecelakaan.

Baca Juga  Mitsubishi Punya Program Khusus Perbaikan Bodi & Cat Selama Oktober 2021

2. Bunyikan Klakson

Bunyikan klakson sebagai alat komunikasi dengan pengemudi lain

Berkendara di jalan sempit bukan berarti tak ada hambatan yang dapat Anda temui. Terkadang, banyak anak kecil yang tiba-tiba menyeberang sembarangan dan juga berpapasan dengan kendaraan besar. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membunyikan klakson sebagai tanda agar mereka menyadari keberadaan mobil Anda.

Khususnya ketika hendak melewati tikungan, apabila jalur tersebut tertutup pepohonan maupun bangunan di sekitarnya, maka peran klakson pada kendaraan Anda sangatlah penting. Sehingga jika berada di jalan yang sempit, kendaraan lain dapat melambatkan laju kendaraannya dan memberikan Anda kesempatan untuk melewati tikungan tersebut.

Baca Juga  Manfaatkan Aplikasi Penunjuk Jalan Saat Berkendara di Liburan Akhir Tahun

3. Selalu “Berkepala Dingin”

Tetap rileks saat mengemudi di jalan sempit, jangan mudah panik

Ketika berkendara di jalan yang sempit ataupun jalan kecil, Anda harus tetap fokus dan jangan sampai tak mau mengalah. Jika berpapasan dengan kendaraan lain dan lebar jalan terlalu sempit apabila dilalui dua kendaraan, maka salah satunya harus mengalah untuk minggir terlebih dahulu.

Jangan sampai Anda memaksakan laju kendaraan dan justru terjadi masalah yang tak diinginkan. Beri tanda lewat lampu sein dan jangan lupa untuk selalu waspada terhadap kaca spion kendaraan agar dapat memonitor keadaan sekitar. Jika kiranya Anda sudah terlalu sulit untuk melewati jalan tersebut, maka Anda dapat meminta bantuan warga sekitar agar kendaraan Anda tak mengalami kecelakaan. Demikian tips lewati jalan sempit yang aman. Semoga bermanfaat!

Baca Juga  Mobil Sedan Kini Sepi Peminat, Efek Pergeseran Tren?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”