Media Inspirasi Masa Kini

Modikasi Mazda MX-5 Jadi Speedster Ini Hasil Buatan Startup

harianlampung.co.id – ROMA – Memodifikasi mobil ikonik Mazda MX-5 menjadi suatu hal unik mungkin merupakan langkah yang cukup berani. Seperti yang dilakukan Gorgona Cars, startup otomotif asal Italia yang menerapkan konsep restomod ke model tersebut. Seperti yang satu ini, di mana sebuah MX-5 dirombak dari sebuah roadster menjadi berwujud speedster.

Ini merupakan proyek perdana dari perusahaan yang digawangi David Galliano, seorang automotive engineering yang masih sering terlibat di balap touring dan Omar Abu Eideh, jurnalis otomotif. Mobil itu dipamerkan saat acara parade MX-5 di Modena Autodome, Italia.

Dinamakan Concept NM (Nakes Monoposto), Gorgona Cars mengambil generasi pertama MX-5 yang sudah menjadi barang klasik lalu dikonversi menjadi speedster satu penumpang. Melihat wujudnya, atap MX-5 seperti dipotong habis, kemudian ditambahkan beberapa komponen. Komponen itu digantikan sedikit windshield kecil di balik kemudi dan pemecah angin di belakang jok. Alhasil aerodinamika mengalami peningkatan drastis.

Baca Juga  Ingin Pasang Roof Box, Perhatikan Lima Hal di Bawah Ini

Gaya tersebut diklaim terinspirasi dari Mazda Miata M Speedster (NA) 1995, Miata Mono-Posto (NB) 2000 dan Mazda MX-5 Speedster (ND) konsep 2015. Guna memanfaatkan aliran udara agar mendapatkan downforce optimal, mereka pun menyematkan spoiler yang terintegrasi ke tailgate. Aksen ini mirip dengan model konsep Mazda M2-1006 CobraSter 1992.

Beberapa ubahan turut meliputi komponen-komponen tak terlihat. Seperti celah di bawah kap aluminium yang membantu pendinginan, headlamp pop-up berteknologi LED, pintu lebih kecil, spion baru, dek yang dibuat lebih aerodinamis dan diffuser belakang. Warna kuning ikonik pada MX-5 dipertahankan, membuatnya makin eksentrik. Ini masih ditonjolkan berkat sepuhan hitam matte pada komponen-komponen yang sebelumnya bertabur chrome. Kelir senada pun diterapkan pada velg Enkei RPF1 berukuran 15 inci dan berbalut ban Yokohama A052.

Interior diberikan jok RCC dengan sabuk pengaman empat titik. Kemudinya memanfaatkan Momo dan pelapis Alcantara di sekitar kabin. Selain aerodinamis, mobil ini punya bobot yang ringan yaitu 830 kg. Wajar saja, soalnya tak ada air conditioner (AC), perangkat infotainment dan sistem audio. Meskipun kabinnya jadi kosong, tapi kapasitas bagasinya terbilang kecil yakni 160 liter.

Baca Juga  Tips Merawat Mobil Tua Agar Tetap Awet Muda

Soal jantung pacu, Gorgona Cars membenamkan mesin SkyActiv-G dari generasi keempat MX-5. Berkapasitas 2.0 liter tanpa imbuhan turbo alias naturally aspirated, ia mampu menghasilkan tenaga mencapai 181 hp dan momen puntir 205 Nm. Makin menarik lantaran sistem transmisinya manual 6-speed, di mana menjadi jembatan suplai tenaga dari mesin ke roda belakang. Ini masih ketambahan self-locking rear differential yang diambil dari model ND.

Guna mendapat kestabilan saat dipacu kencang, Concept NM memakai chassis yang telah ditingkatkan. Karakternya dibikin lebih rigid dibanding versi asli MX-5. Hal ini didapat berkat side sill lebih tinggi, rollbar di punuk belakang jok, subframe lebih kuat dan penambahan pengelasan di sisi bawah. Walau begitu, Gorgona Cars memberikan fleksibilitas pada rasa berkendara berkat coilover yang dapat disetel dan sistem pengereman mumpuni.

Baca Juga  Sering Lupa? Ini Cara Mengingat Lokasi Parkir

Tertarik untuk membelinya? Sayangnya saat ini mobil itu masih sebatas konsep. Pabrikan masih melihat reaksi pasar. Bila ada permintaan barulah dilakukan homologasi. Banderolnya sendiri diperkirakan mulai dari $ 69.797 atau Rp 1 miliaran. Harga itu belum termasuk mobil yang akan dikonversi. Angka itu masih bisa melejit bila memilih material serat karbon untuk pembuatan kap, fender depan dan pintu.(MUHAMMAD HAFID / WH)

Sumber: Carscoops

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”