Media Inspirasi Masa Kini

Selisih Rp 1 Jutaan, Beli Toyota Sienta G CVT 2019 atau Mitsubishi Xpander Ultimate 2019?

harianlampung.co.id

Perpaduan desain cantik dan fitur melimpah membuat Mitsubishi Xpander jadi penantang serius di segmen LMPV, yang merupakan volume maker di Indonesia. Di sisi lain, penjualan Toyota Sienta tampak lesu, dan PT. Toyota Astra Motor bereaksi dengan melakukan facelift pada mobil yang menurut kami nilai pantas mendapat predikat sebagai LMPV untuk para hipster, atau Anda yang ingin tampil beda.

Toyota Sienta 2019 dijual dalam tiga varian, yakni G, V, dan Q dengan rentang harga antara Rp 249-303 juta rupiah, dan hadir dalam dua pilihan transmisi, yakni manual enam percepatan (G dan V), serta CVT 7 percepatan (all variants).

Toyota Sienta mengusung tema Active, Modern, and Fun

Sementara itu, Mitsubishi Xpander memiliki lima varian yakni GLX, GLS, EXCEED, SPORT, dan ULTIMATE, dengan rentang harga Rp 210-265 juta. Dan hadir dalam dua pilihan transmisi, yakni manual lima percepatan (GLS, GLX, dan EXCEED) serta otomatis empat percepatan (GLX, EXCEED, SPORT, ULTIMATE).

Kali ini kami akan melakukan komparasi Toyota Sienta G CVT 2019 vs Mitsubishi Xpander Ultimate 2019 yang ternyata hanya terpaut satu jutaan saja, mana yang layak Anda pinang? Simak komparasinya hanya di Cintamobil.com.

1. Harga

Seperti dijelaskan di atas, selisih harga antara Toyota Sienta G CVT 2019 dan Mitsubishi Xpander Ultimate hanya terpaut satu juta rupiah saja. Toyota Sienta G CVT 2019 dibanderol Rp 267.050.000,- sementara Mitsubishi Xpander Ultimate 2019 dibanderol Rp 265.100.000,-

Harga Toyota Sienta 2019

Dengan harga yang hanya terpaut Rp 1.900.000,- kedua mobil bisa dikatakan berimbang dari segi harga, maka harus melihat aspek lainnya untuk menentukan mana lebih baik dalam komparasi Toyota Sienta G CVT 2019 vs Mitsubishi Xpander Ultimate 2019.

Harga Mitsubishi Xpander 2019

2. Desain Eksterior

Mengusung tema Active, Modern, and Fun, tampilan Toyota Sienta G CVT 2019 tampak lebih sporty dan stylish dibanding pre-facelift. Meski tidak terlalu signifikan, Anda dapat menemukan perbedaan antara keduanya, salah satunya model gril yang tampak seperti V-Motion Grille milik Nissan.

Tampilan Toyota New Sienta tak jauh berbeda dari varian pre-faceliftnya

Karena ini adalah varian paling bawah, maka Anda tidak akan mendapatkan beberapa fitur seperti Q atau V. Mulai dari lampu yang hanya menggunakan halogen biasa, desain pelek 15 inci single tone, sampai Power Sliding Door yang ada di pintu samping kiri saja.

Baca Juga  Begini Cara Aman Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Tampilan gagah dan sporty Mitsubishi Xpander membuatnya tampak seperti SUV

Sementara itu, nuansa maskulin dan tangguh khas SUV ditampilkan Mitsubishi Xpander Ultimate 2019. Untuk varian tertinggi, Anda akan mendapatkan pelek two tone 16 inci dan aksen krom pada grilnya.

Untuk desain, rasanya ini hanya soal selera, Jika Anda ingin tampil beda dan funky, Toyota Sienta G CVT 2019 bisa Anda pertimbangkan. Namun, untuk Anda yang menyukai tampilan gagah dan sporty, Mitsubishi Xpander adalah pilihan terbaik.

3. Desain Interior

Layoutnya tidak mengalami perubahan signifikan dari versi pre-facelift

Masuk ke dalam, kami tidak menemukan perbedaan antara Toyota Sienta facelift dan pre-facelift, satu-satunya hal yang kami lihat berbeda adalah head unit premium 6,8 inci AVX yang kini telah menjadi standar.

Berbeda dengan varian Q dan V yang menggunakan interior warna burgundy, Toyota Sienta G CVT 2019 menggunakan interior fabric hitam yang terkesan biasa saja.

Warna yang digunakan dashboard Mitsubishi Xpander Ultimate membuatnya rentan kotor

Sementara itu, interior Mitsubishi Xpander Ultimate didominasi warna beige yang memunculkan kesan mewah namun rentan kotor jika tidak dirawat secara rapih. Xpander memang memiliki opsi interior hitam, namun itu hanya tersedia untuk varian sport saja.

Untuk desain interior, kami lebih menyukai desain milik Toyota Sienta G CVT 2019 yang punya keunikan tersendiri dibanding mobil-mobil LMPV lainnya.

4. Performa dan impresi berkendara

Perpaduan mesin 2NR-FE dengan transmisi CVT 7 percepatan menghadirkan impresi berkendara yang halus

Toyota Sienta G CVT 2019 masih menggunakan mesin yang sama seperti sebelumnya, 2NR-FE yang juga digunakan Toyota Yaris XP150. Mesin ini menyemburkan tenaga 109 HP dan torsi 136 Nm, dikawinkan dengan transmisi CVT 7 percepatan.

Torsi besar menjadikan Xpander lebih handal dalam kondisi stop and go

Sementara itu, Mitsubishi Xpander Ultimate 2019 menggunakan dapur pacu 4A91 MIVEC 16 Valve DOHC, mesin 1,5 liter itu memiliki tenaga 104 HP dan torsi 141 Nm, yang dikawinkan dengan transmisi otomatis empat percepatan.

Perpaduan mesin 2NR-FE dan transmisi CVT 7 percepatan menghasilkan sensasi berkendara lebih halus dan efisiensi bahan bakar yang cukup irit, bahkan lebih irit dibandingkan transmisi manual enam percepatannya, Toyota bahkan mengklaim Sienta G CVT 2019 dapat menempuh 20,2 liter hanya dengan satu liter bensin.

Baca Juga  Awas! Ini 3 Dampak Mobil Jika Dipaksa Pakai Oktan Rendah

Namun, untuk pemakaian stop and go dan dalam kota, khususnya di jalanan sempit kami lebih memilih Mitubishi Xpander Ultimate 2019, yang memiliki torsi lebih besar dan radius putar lebih baik dari Sienta.

Ya, masalah klasik Toyota Sienta adalah radius putarnya buruk untuk sebuah LMPV, bahkan lebih mudah untuk memutar dengan sebuah SUV ladder frame seperti Mitsubishi Pajero ketimbang Sienta.

5. Fitur

Head unit New Sienta 2019

Salah satu fitur menarik yang dimiliki Toyota Sienta G CVT 2019 adalah head unit premium AVX ukuran 6,8 inci yang kini telah menjadi standar di semua varian. HU baru tersebut telah mendukung berbagai fitur, semisal Mirroring via USB, dual zone output setting, iPod/iPhone Connectivity, USB, Bluetooth, dan enam speaker yang memastikan musik favorit Anda terdengar semakin enak. Namun, Anda tidak akan mendapatkan steering switch control yang hanya ada di varian Q dan V saja.

Sementara itu, Mitsubishi Xpander Ultimate 2019 mendapatkan head unit 6,2 inci yang telah support DVD player, kamera mundur, bluetooth dan NFC. Sama seperti Sienta, speaker yang disisipkan dalam mobil ini berjumlah enam, yang terdiri dari dua twitter dan empat speaker di pintu, pengaturan audio juga lebih mudah dengan hadirnya steering audio switch.

Untuk fitur kepraktisan, Toyota Sienta lebih baik dari Mitsubishi Xpander. Hal ini terlihat dari kepraktisan bangku baris kedua yang bisa dimaju mundurkan, bisa dilipat 50:50, dan juga fitur dive-in yang secara cerdik dapat menyembunyikan bangku ketiga di bawah bangku kedua, dan membuat bagasi mobil jauh lebih luas.

Fitur dive-in kursi baris ketiga Toyota New Sienta memberikan kapasitas bagasi jauh lebih luas

Bukan berarti Mitsubishi Xpander memiliki kepraktisan yang buruk, dengan desain serta penataan kursi yang cerdas membuat ruang kabin tampak lega dan lapang. Fleksibilitas pelipatan kursi juga cukup baik dengan bangku baris kedua yang dapat dilipat 60:40 dan 50:50 untuk baris ketiga.

Baca Juga  4 Langkah Menakar Biaya Mobil Bekas Manual Transmission dan Automatic Transmission

Namun, kami merasa Toyota Sienta sedikit lebih baik dalam hal ini. Khususnya untuk head room baris ketiga yang cukup tinggi berkat desain boxy mobil yang justru tidak begitu digemari pasar Indonesia.

Beralih menuju fitur pengemudian dan keselamatan, Toyota Sienta G CVT 2019 yang mendapatkan bintang lima ASEAN NCAP untuk fitur Vehicle Stability Control masih akan mempertahankan berbagai fitur keselamatan tingkat tinggi.

Semua varian Toyota Sienta dilengkapi 3 airbag dan pre-tensioner seatbelt dengan force limiter, tak lupa juga ABS dengan Electronic Brake Distribution dan Brake Assist. Sementara itu, untuk Hill-start Assist Control dan Vehicle Stability Control hanya tersedia untuk varian Q.

Namun, Toyota New Sienta tidak memiliki fitur Cruise Control seperti Xpander Ultimate

Untuk hal ini, Mitsubishi Xpander Ultimate 2019 lebih unggul dengan hadirnya ABS, EBD, Brake Assist, serta Hill-start Assist Control. Lebih dari itu, untuk Xpander varian tertinggi juga mendapatkan fitur cruise control.

Kesimpulan:

Menurut kami, Mitsubishi Xpander Ultimate 2019 lebih layak beli

Dalam komparasi Toyota Sienta G CVT 2019 vs Mitsubishi Xpander Ultimate 2019, menurut kami pemenangnya adalah Xpander Ultimate 2019. Tentu mengacu pada beberapa hal, mulai dari radius putar mobil lebih kecil, fitur yang lebih melimpah, dan juga desain yang lebih masuk dengan pasar Indonesia saat ini.

Namun jika Anda bisa menerima beberapa kekurangan Toyota Sienta G CVT 2019, khususnya untuk radius putar yang buruk untuk sebuah LMPV, mobil ini adalah opsi menarik untuk dipertimbangkan. Mulai dari desain eksterior dan interor funky serta berbeda dari LMPV kebanyakan, performa kombinasi mesin-transmisi mumpuni, kepraktisan kabin mobil, serta fitur keselamatan yang cukup baik, maka mobil ini layak Anda pertimbangkan.

Berikut komparasi mobil yang kami sajikan, untuk tips & trik otomotif lainnya bisa Anda temukan pada link di bawah ini:

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”