Media Inspirasi Masa Kini

Bagaimana Cara Mencirikan Mobil Bekas Taksi Online?

harianlampung.co.id

Saat mencari mobil bekas, tentu banyak hal yang harus Anda pertimbangkan agar tidak kecewa dan menyesal nantinya. Khususnya jika Anda sedang mencari unit mobil yang digunakan sebagai taksi online. Kebanyakan dari taksol menggunakan LMPV dengan bangku tiga baris yang dapat mengakomodir hingga delapan penumpang.

Salah satu model yang sering digunakan Taksi Online, Toyota Avanza

Tidak ada yang salah dengan mobil bekas taksi online memang, namun dengan intensitas penggunaan cukup tinggi dengan melewati berbagai jenis kondisi jalan serta mengangkut beban variatif, tentu mobil seperti ini bisa dibilang cukup capek.

Namun, berbeda dari armada eks taksi konvensional yang dapat langsung terlihat dari surat mobil, baik itu STNK ataupun BPKB, akan sulit sekali membedakan mobil bekas taksi online atau mobil rawatan sehari-hari jika Anda tidak teliti.

Namun, beberapa hal ini bisa dijadikan acuan untuk mengetahui apakah mobil incaran Anda merupakan mobil bekas taksi online atau bukan. Untuk lebih jelasnya, simak artikel di bawah ini.

Interior

Kondisi interior bisa jadi indikator baik bagaimana mobil secara keseluruhan

Hal pertama yang bisa Anda cek adalah kualitas Interior, jika mobil penggunaan pribadi pasti akan dirawat secara apik, karena ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan. Sarung joknya masih terasa lembut, plafonnya bersih, serta lapisan doortrim dan setir masih terlihat tebal dan belum pudar warnanya.

Baca Juga  Daftar Harga Honda Freed Bekas, Mulai Rp 140 Jutaan

Di sisi lain, taksi online tentu akan dinaiki banyak orang. Dengan penggunaan intensitas tinggi tentu joknya mulai kasar dan keras, plafonnya terlihat kotor, lapisan setir mulai tipis dan pecah-pecah, dan juga hand rest doortim yang pudar karena mobil dipakai secara terus-menerus.

Hal lain yang bisa dijadikan patokan adalah aroma interior, mobil pemakaian pribadi biasanya wangi, terlebih jika pengemudinya tidak merokok. Sementara mobil bekas taksi online acap kali mengeluarkan bau-bau tak sedap, mulai dari sisa makanan penumpang, pengemudi yang merokok, atau kaca jendela yang sering terbuka.

Memang, untuk hal ini kembali ke pengemudi mobil, karena banyak juga pengemudi taksi online yang sangat sangat apik dalam menjaga kebersihan interior mobilnya, khususnya untuk yang tidak merokok.

Eksterior

Untuk Eksterior, biasanya sebelum dijual mobil akan dimasukkan asuransi agar kembali terlihat mulus

Setelah memeriksa bagian dalam mobil, Anda dapat mengecek eksterior mobil. Kenapa tidak bagian luar terlebih dahulu? Saat seorang driver taksi online ingin menjual mobilnya, tentu ia akan memperbaiki mobilnya dulu agar tampak seperti baru dan mulus.

Baca Juga  Pertamina Lubricants Hadirkan Ragam Program Menarik Untuk Dukung Moto GP Mandalika 2022

Namun demikian, perbaikan interior lebih sukar ketimbang perbaikan eksterior. Karena si pemilik mobil bisa saja membawa mobil ke dealer resmi dan melakukan klaim asuransi, alhasil lecet dan penyok yang muncul selama pemakaian dapat diperbaiki dan mobil kembali terlihat mulus layaknya mobil baru.

Berbeda dengan perbaikan eksterior yang dapat dilakukan dengan mudah, penyegaran kembali interior jauh lebih susah karena banyaknya komponen penyusun interior mobil seperti kain, kulit, dan sebagainya.

Kaki-kaki

Mobil dengan kilometer tinggi biasanya mulai mengalami masalah pada bagian sini

Kaki-kaki adalah bagian penting dalam mobil, dan tentu kondisinya akan menurun seiring intensitas penggunaan mobil. Sebagai taksi online, tentu mobil akan melewati berbagai medan dengan muatan yang beragam, bisa dibilang mobil seperti ini sudah cukup capek dan kinerja serta kenyamanan shock breakernya sudah jauh menurun.

Kompartemen Mesin

Baik tidaknya kondisi mesin mobil juga dapat dilihat pada tampilan ruang mesinnya

Beberapa oknum nakal memang bisa mengakali odometer dengan menurunkan angka kilometer sebuah mobil, namun kondisi kompartemen mesin dapat menggambarkan bagaimana kondisi mobil incaran Anda.

Baca Juga  Mobil Sedan Kini Sepi Peminat, Efek Pergeseran Tren?

Untuk mobil pribadi yang selalu dirawat dengan apik, tentu akan selalu melakukan servis ke bengkel resmi secara tepat waktu, alhasil kompartemen mesinnya pun bersih tanpa ada rembesan oli, serta suara mesin terdengar halus.

Test drive

Anda harus melakukan test drive untuk mengetahui bagaimana kondisinya

Last but not least, cara terbaik untuk membedakan mobil incaran Anda merupakan eks taksi online atau bukan adalah dengan test drive. Anda bisa mengecek berbagai aspek, mulai dari respon mesin, kondisi kaki-kaki (ada bunyi atau tidak), perangkat keamanan seperti rem, sampai fungsi AC.

Berikut tips membedakan mobil bekas taksi online atau penggunaan pribadi, untuk tips & trik lainnya dapat Anda lihat pada link di bawah ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”