Media Inspirasi Masa Kini

Punya Peran Masing-masing, Inilah Beda Torsi dan Tenaga

harianlampung.co.id

Dalam spesifikasi teknis mobil selain kapasitas mesin dengan satuan cc atau liter, juga ada tenaga dan torsi. Torsi sendiri merupakan momen putar atau gaya yang dihasilkan mesin. Torsi ini umumnya untuk akselerasi. Sementara tenaga terkait dengan putaran mesin dan identik dengan kecepatan.

Torsi berperan pada akselerasi mobil saat melaju

Mungkin definisi dari beda torsi dan tenaga tersebut terlalu umum dan membingungkan untuk Anda. Lebih jelasnya, tenaga ialah energi yang dikeluarkan mesin untuk mencapai kecepatan tertinggi. Sedangkan torsi ialah energi yang dikeluarkan mesin dalam kondisi diam hingga bergerak.

Baca Juga  BMW Exhibition Pamerkan 630i Gran Turismo M Sport

Torsi biasanya memakai Newton (Nm) di Indonesia. Meskipun beberapa pabrikan ada juga yang memakai Kgm. Sedangkan untuk tenaga juga ada dua satuan yang umum digunakan yakni horsepower (HP) dan PS yang berasal dari bahasa Jerman, Pferdestarke. Hal ini juga yang membuat beda torsi dan tenaga.

Baca Juga  Mudahnya Membersihkan Doortrim Mobil, Cukup Pakai Alat Ini

Kecepatan puncak suatu mobil ditentukan dari tenaga yang dimilikinya

Mungkin Anda bertanya-tanya, mana yang lebih baik saat memilih mobil. Apakah torsi atau tenaga yang lebih besar? Namun hal tersebut tergantung kebutuhan. Bila kendaraan niaga atau komersial yang mengangkut barang bawaan banyak maka prioritas torsi besar. Sementara mobil balap akan mengutamakan tenaga yang lebih besar. Semoga berguna tips beda torsi dan tenaga dari kami.

Baca Juga  5 Hal yang perlu Diperhatikan untuk Menghindari Membeli Mobil Bekas Banjir

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”